nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaga Kedaulatan Laut, Menteri Susi Dukung Pembelian 6 Pesawat Patroli Perairan Aceh

Rayful Mudassir, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 11:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 17 340 1796895 jaga-kedaulatan-laut-menteri-susi-dukung-pembelian-6-pesawat-patroli-perairan-aceh-Ru48qqe3hw.jpg Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Meulaboh (Antara)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendukung rencana pembelian enam pesawat terbang untuk patroli wilayah laut Aceh oleh pemerintah provinsi setempat. Pembelian pesawat dianggap akan memudahkan pengawasan terhadap aksi pencurian ikan atau illegal fishing.

“Sangat bagus. Pesawat akan sangat efektif dan efisien untuk mengawal laut Aceh dari praktik Illegal Fishing yang dilakukan oleh kapal asing," kata Susi saat memberi kuliah umum di Universitas Teuku Umar, Meulaboh, Aceh Barat, Senin, 16 Oktober 2017.

Ia menilai pergerakan pesawat yang cepat akan lebih lekas menjangkau jarak jauh dan pengawasan luas, jika dibanding dengan kapal laut. Susi juga mengajak seluruh pemangku kebijakan dan masyarakat, untuk mendukung setiap kebijakan yang dikeluarkannya dalam rangka menjaga kedaulatan Indonesia.

“Dengan selemah-lemah kemampuan, saya sudah berbuat sekuat tenaga untuk melawan mafia-mafia perikanan yang selama ini mengeruk potensi ekonomi di laut Indonesia, demi kepentingan pribadi dan asing," sebut Susi.

Ia juga memohon dukungan seluruh masyarakat kepautan di Aceh mendukung langkah pemerintahan Irwandi - Nova. sehingga masyarakat Indonesia benar-benar berdaulat atas kekayaan alam yang dimiliki.

Pengadaan pesawat kecil ini mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat maupun dewan. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh - Perubahan (APBA-P) 2017, DPR Aceh menolak usulan tersebut. Pun begitu, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf akan mengusulkan kembali pada 2018.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini