nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilgub Sumut: Tengku Erry-Ngogesa di Atas Angin, Edy Rahmayadi Jadi Kuda Hitam

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 17 340 1796967 pilgub-sumut-tengku-erry-ngogesa-di-atas-angin-edy-rahmayadi-jadi-kuda-hitam-r3p0i0SA7l.jpg Ilustrasi (shutterstock)

MEDAN – Pilgub Sumatera Utara 2018 diperkirakan berlangsung alot. Hingga kini baru pasangan petahana Tengku Erry Nuradi-Ngogesa Sitepu yang di atas kertas sudah memenuhi syarat untuk maju. Namun, belakangan muncul nama Letjen Edy Rahmayadi. Panglima Kostrad sekaligus mantan Pangdam Bukit Barisan itu siap bertarung memperebutkan kursi Sumut 1.

Pengamat politik dair Universitas Sumatera Utara (USU), Agus Suryadi mengatakan, posisi petahana Tengku Erry Nuradi memang masih berada di atas angin jika dibandingkan calon-calon lainnya, karena Ketua Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sumatera Utara itu telah memenuhi syarat administratif pencalonan. Yakni dukungan dari partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki 20 kursi di DPRD Sumatera Utara.

Seperti diketahui, Tengku Erry Nuradi yang dipasangkan bersama Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara, telah mendapatkan dukungan dari Partai Golkar serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memiliki 20 kursi di DPRD Sumut. Belum lagi Partai Nasdem yang memilki 5 kursi di DPRD Sumut, juga disebut-sebut akan mengusung Erry, sang Ketua.

"Menurut saya mereka lebih unggul satu langkah dari calon-calon lainnya. Apalagi mereka telah mendeklarasikan diri. Yang lainkan belum ya," kata Agus, Selasa (17/10/2017).

"Hal ini yang belum dimiliki calon lainnya termasuk salah satu calon yang cukup populer saat ini, yakni Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi. Bahkan PDI Perjungan sendiri yang merupakan partai yang berkuasa saat ini belum menentukan siapa calonnya," tambah Agus.

Namun, Agus mengungkapkan, dari sekian banyak nama calon. Nama Edy Rahmayadi menurutnya lebih menonjol. Edy bahkan bisa jadi kuda hitam pada Pilgub Sumut 2018 nanti.

“Dia bisa menjadi pesaing kuat bagi pasangan Tengku Erry dan Ngogesa Sitepu. Keduanya sama-sama putra Sumatera Utara. Sama-sama punya karir yang menonjol,”tukasnya.

Edy Rahmayadi baru didukung oleh satu partai politik untuk maju ke PIlgub Sumut 2018. Yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Hanura telah menyatakan mendukung Edy bersanding dengan pengusaha muda asal Sumut, Musa Rajekshah (Ijeck)dalam Pilgub Sumut 2018.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini