nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sangkal Holocaust Pernah Terjadi, Nenek 88 Tahun Dijatuhi Hukuman Penjara

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 18 Oktober 2017 03:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 18 18 1797481 sangkal-holocaust-pernah-terjadi-nenek-88-tahun-dijatuhi-hukuman-penjara-zUMTBFZMwr.jpg Ursula Haverbeck dijatuhi hukuman penjara oleh pengadilan Jerman. (Foto: Reuters)

BERLIN – Pengadilan Jerman menjatuhkan vonis enam bulan penjara kepada seorang perempuan berusia 88 tahun karena menyangkal adanya holocaust dan tuduhan menyebarkan kebencian.

Diwartakan Reuters, Rabu (18/10/2017), Ursula Haverbeck, yang menyebut dirinya sebagai sejarawan revisionis, dalam sebuah acara publik pada Januari 2016 mengatakan bahwa kamar gas di kamp konsentrasi Auschwitz adalah sesuatu yang "tidak nyata".

Haverbeck mengatakan bahwa dia mengutip sebuah buku, tidak mengungkapkan pandangannya sendiri saat berpidato mengenai holocaust tersebut. Namun, setelah memeriksa video pidato singkat sejarawan itu, pengadilan menemukan bahwa pidato tersebut berasal dari pandangan miliknya sendiri dan menjatuhkan hukuman enam bulan penjara.

Penyangkalan terhadap holocaust adalah sebuah tindak kejahatan di Jerman, di mana sekira enam juta warga Yahudi dibantai oleh Nazi. Perbuatan tersebut dapat diganjar hukuman hingga lima tahun penjara.

Haverbeck, yang menghindari hukuman penjara dengan mengajukan banding atas putusan tersebut, telah menghadapi kasus hukum serupa di seluruh Jerman. Yang terakhir adalah tuntutan dari sebuah pengadilan di Rhine-Westphalia Utara pada musim panas lalu ketika dia dijatuhi hukuman 10 bulan penjara atas tuduhan yang sama.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini