nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bayi 1 Bulan Jadi Korban Kebakaran di Portugal, Lebih dari 40 Orang Tewas

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 18 Oktober 2017 07:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 18 18 1797513 bayi-1-bulan-jadi-korban-kebakaran-di-portugal-lebih-dari-40-orang-tewas-B5LoIF0CDr.jpg Foto: Reuters

LISBON – Jumlah korban tewas akibat kebakaran besar yang melanda dua negara di Semenanjung Iberia, Portugal dan Spanyol dilaporkan telah mencapai 45 orang, termasuk seorang bayi yang baru berusia 1 bulan. Jumlah korban yang jatuh menjadikan 2017 sebagai tahun paling mematikan untuk kebakaran hutan di Portugal.

BACA JUGA: 60 Hutan Kebakaran dalam Semalam di Portugal

Kebakaran yang terjadi di Portugal terjadi hanya berselang empat bulan setelah kebakaran di musim panas yang menewaskan 64 orang dalam semalam. Sepanjang 2017, jumlah korban tewas akibat kebakaran besar di Portugal telah mencapai 99 orang, jauh lebih besar dari angka 25 orang yang menjadi rekor sejak 1966.

Lembaga Perlindungan Sipil Portugal melaporkan, 15 kebakaran terbesar yang terjadi di bagian tengah dan utara negara itu telah berhasil dikendalikan. Namun, jumlah korban juga kut bertambah.

“Korban bertambah dari 37 menjadi 41 orang,” kata juru bicara lembaga itu, Patricia Gaspar sebagaimana dikutip AFP, Rabu (18/10/2017).

Selain korban tewas, tercatat terdapat 71 korban luka-luka, 16 di antaranya luka serius dan satu orang masih dinyatakan hilang. Salah satu korban tewas adalah seorang bayi berusia 1 bulan.

"Sebagian besar korban tewas di mobil mereka, tapi kami juga menemukannya di dalam rumah mereka," kata Wali Kota Oliveira do Hospital, sebuah kota kecil dekat Coimbra.

Sementara itu, di seberang perbatasan, di Provinsi paling selatan Spanyol, Galicia, jumlah korban tewas akibat kebakaran juga bertambah dari tiga menjadi empat orang. Korban terakhir adalah seorang perempuan berusia 70 tahun di Kota Vigo.

Meski hujan telah turun, sekira 3.000 petugas pemadam kebakaran tetap dikerahkan untuk memadamkan api yang mungkin muncul kembali. Untungnya, tidak ada kebakaran aktif baru sejak Rabu fajar, 18 Oktober.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan di Portugal dan Spanyol, Korban Tewas Bertambah Jadi 39 Orang

Pemerintah Portugal telah menetapkan masa berkabung selama tiga hari yang dimulai sejak Selasa, 17 Oktober waktu setempat. Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa bersumpah untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi dengan melakukan reformasi mendasar pada bidang kehutanan dan pemadaman kebakaran.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini