nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tegas! Para Pemimpin Uni Eropa Tuntut Korut Akhiri Program Senjata Nuklir

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 13:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 19 18 1798443 tegas-para-pemimpin-uni-eropa-tuntut-korut-akhiri-program-senjata-nuklir-iFeskD5e83.jpg Salah satu peluncuran rudal Korea Utara. (Foto: AFP)

BRUSSELS - Para pemimpin Uni Eropa pada hari Kamis (19/10/2017) akan menuntut Korea Utara (Korut) mengakhiri program senjata nuklir dan rudal balistiknya. Tuntutan mereka telah dirumuskan dalam draf pernyataan akhir KTT Uni Eropa (UE).

Draf itu disepakati hari Senin oleh para menteri luar negeri UE yang berisi serangkaian sanksi terbaru yang melampui tindakan keras Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap Pyongyang.

“Pemimpin (UE) akan memberitahu Pyongyang untuk meninggalkan program nuklir dan rudal balistiknya dengan cara yang lengkap, dapat diverifikasi dan tidak dapat dipulihkan,” bunyi draf tersebut, seperti dilansir Reuters.

(Baca juga: Ide Aneh Kim Jong-un, Bikin Pulau sebagai Aset Tempur Sekaligus Area Wisata)

Para pemimpin Eropa siap untuk mempertimbangkan tindakan lebih lanjut terhadap rezim Kim Jong-un yang berkuasa di Korut, tanpa merinci secara detail.

Sanksi terbaru itu akan dijatuhkan pula kepada negara-negara non-UE yang masih melakukan bisnis dengan Pyongyang.

UE kini telah melarang penjualan minyak dan produk minyak ke Korea Utara. China dan Rusia telah menolak larangan ekspor mentah secara langsung.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini