Image

Kepergok Curi Kelapa Sawit, Zulkarnain Tewas Ditembak TNI

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 20 Oktober 2017, 22:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 20 340 1799626 kepergok-curi-kelapa-sawit-zulkarnain-tewas-ditembak-tni-aZfYxGEF2V.jpg

PALEMBANG - Salah seorang warga Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Zulkarnain tertembak diduga dilakukan prajurit TNI, Kamis malam, saat anggota itu melakukan pengamanan kebun kelapa sawit.

Kapendam II/Sriwijaya Letkol Inf Imanulhak ketika dihubungi di Palembang, Jumat (20/10/2017) membenarkan atas adanya kejadian tersebut. Warga yang tertembak itu, kata dia, saat anggotanya mengamankan lokasi kebun sawit PTPN VII, Kamis malam.

"Saat itu anggota TNI sedang melakukan pengamanan dan melihat ada yang mencurigakan karena ada warga yang diduga ingin mencuri kelapa sawit," katanya.

Namun, lanjut Kapendam, penembakan yang dilakukan petugas lantaran warga bersama rekannya kedapatan melakukan pencurian tandan buah segar kepala sawit milik PTPN VII. Pengamanan itu memang tergabung dalam Satgas terdiri atas TNI, Polri, dan Satuan Pengamanan Perusahaan.

Dia mengatakan, mereka kepergok membawa tandan buah segar kelapa sawit, saat dikejar satu rekannya melarikan diri dan korban ditangkap tapi dia melawan dengan menendang petugas hingga terpaksa melumpuhkannya dengan menembak paha bagian sebelah kanan. Korban sudah dibawa ke Puskesmas setempat namun nyawanya tidak dapat diselamatkan, ujar dia.

"Jadi apa yang dilakukan petugas sudah prosedur karena itu mereka sebagai pengaman aset perusahaan termasuk pencurian," kata dia.

Namun, lanjut dia, meski demikian oknum anggota TNI berpangkat Pratu inisial I anggota Batalyon Kavaleri 5, Larang Endah tetap dilakukan pemeriksaan oleh Denpom II/ Sriwijaya.

Usai kejadian Dandim Sekayu langsung mendatangi rumah duka sebagai bentuk bela sungkawa kepada keluarga korban atas kejadian tersebut.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini