nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 TAHUN JOKOWI - JK: Dino Patti Jalal: Jokowi Berhasil Majukan Indonesia di Kancah ASEAN

Emirald Julio, Jurnalis · Sabtu 21 Oktober 2017 14:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 21 18 1799829 3-tahun-jokowi-jk-dino-patti-jalal-jokowi-berhasil-majukan-indonesia-di-kancah-asean-IeYvJYJxBd.jpg Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Kiprah Indonesia dalam diplomasi luar negeri kerap diakui dunia, salah satunya dalam membantu Muslim Rohingya yang menjadi korban krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar. Beragam diplomasi itu, menjadi salah satu pendorong posisi Indonesia di kawasan Asia Tenggara, khususnya dalam lingkup ASEAN.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) sekaligus pendiri Foreign Policy Community of Indonesia, Dino Patti Djalal, menilai, Pemerintahan Presiden Joko Widodo berhasil memajukan Indonesia di kancah ASEAN. Organisasi ini, kata Dino, juga memiliki peran vital dalam politik luar negeri Pemerintah Indonesia.

BACA JUGA: Peringatan 50 Tahun ASEAN, Jokowi: Ini Sebuah Kebersamaan yang Membanggakan

"Apa pun politik luar negerinya, ASEAN harus menjadi pijakan utama. Karena kalau kita lihat di wilayah-wilayah lain, satu wilayah di mana Indonesia paling bisa berperan dan paling bisa diharapkan menjadi pemimpin adalah di Asia Tenggara," ucap Dino kepada para wartawan di di Conference on Indonesia Foreign Policy (CIFP) 2017, Sabtu (21/9/2017).

"Kita semua berharap dan mendukung usaha Presiden Jokowi untuk menempatkan ASEAN sebagai prioritas dalam politik luar negeri kita," sambungnya.

BACA JUGA: Dino Patti Djalal: Ini "Resep Rahasia" Kesuksesan ASEAN

Namun, mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI itu juga menyadari terdapat tantangan yang dihadapi oleh Indonesia khususnya dalam lingkup kawasan Asia Tenggara.

"Tantangan keamanan lebih berat dan kompleks dibandingkan tantangan ekonomi. Tantangan ekonomi umumnya akur-akur saja, sudah ada ASEAN Economic Community, ada Free Trade Area. Tapi keamanan ini (yang lebih sulit-red) seperti konflik di Marawi, Rohingya, di Laut China Selatan, itu lebih susah cari penyelesaiannya," papar Dino.

BACA JUGA: Promosikan ASEAN, Menpora Malaysia: Pemerintah Perlu Lebih Libatkan Anak Muda

Dino menambahkan, walau banyak tantangan yang dihadapi Indonesia, Pemerintah Jokowi tetap berhasil secara perlahan memajukan RI di ASEAN.

"Tahun pertama ada proses penyesuaian bagi pemerintah terhadap ASEAN. Pak Jokowi mulai masuk ke kancah ASEAN. Kalau saya lihat, tahun kedua dan ketiga sudah lebih melaju di ASEAN dan FPCI menyambut baik hal tersebut," pungkas Dino.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini