nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! PVMBG Ungkap Potensi Kekuatan Letusan Gunung Agung

Nurul Hikmah, Jurnalis · Sabtu 21 Oktober 2017 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 21 340 1799856 waduh-pvmbg-ungkap-potensi-kekuatan-letusan-gunung-agung-bmYZqQxeb0.jpg Kawah gunung Agung direkam drone UGM-BNPB. (Foto: Tim UGM-BNPB)

KARANGASEM - Gunung Agung hingga kini masih berstatus awas. Bahkan, gunung yang berada di Karangasem, Bali itu sudah mengalami 25.000 gempa.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi, Kasbani mengatakan, berdasarkan hasil analisis, frakturasi Gunung Agung itu sudah berkembang. Tak hanya itu, jalur pergerakan fluida pun sudah terbentuk.

"Berdasarkan kekuatan gempa utama kami juga bisa menentukan, mengestimasikan kira-kira berapa volume magma yang akan terinstruksikan ke atas. Berdasarkan gempa-gempa terasa yang kami analisis, gempa tersebut terbesarnya waktu itu ada 4,2 skala richter hingga 4,3 SR," jelas Kasbani di Karangasem, Sabtu (21/10/2017).

Kasbani menambahkan, berdasarkan hasil penghitungan, ditemukan potensi volume letusan magma sekira 18 juta meter kubik. Jumlah tersebut pun tergolong besar dan bisa keluar semua dalam sekali letusan dan juga bisa juga secara bertahap.

"Jumlahnya yang 18 juta meter kubik. Itu belum termasuk batuan-batuan. Tentu ini sangat besar. Ini bisa terjadi sekalius bisa bertahap," terangnya.

Saking besarnya, Kasbani bahkan menyebut potensi letusan Gunung Agung lebih besar dibanding gunung api lain di Indonesia. Dan hal tersebut yang membedakan Gunung Agung dengan gunung lainnya.

"Ini sangat besar, dan ini adalah jumlah yang sangat besar dibandingkan gunung api Indonesia di manapun. Gunung api yang lain tidak segitu, sudah terjadi letusan. Gunung Agung ini berbeda dengan gunung yang lainnya," tandasnya. (sym)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini