nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik! Panda di Jerman Punya Kebiasaan Berjalan Mundur

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 21:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 23 18 1800840 unik-panda-di-jerman-punya-kebiasaan-berjalan-mundur-guU5laGA0j.jpg Meng Meng. (Foto: Reuters)

BERLIN – Seekor panda yang hidup di kebun binatang Berlin, Jerman, memiliki kebiasaan yang sangat unik. Panda betina ini senang berjalan mundur.

Sebagaimana diwartakan Reuters, Senin (23/10/2017), penjaga kebun binatang di Berlin berharap bisa menyembuhkan kebiasaan panda muda itu. Upaya penyembuhan yang akan mereka lakukan sangatlah tidak biasa, yakni memperkenalkan panda itu dengan seks.

BACA JUGA: Sedih! Panda Tertua di Dunia Tutup Usia

Untuk bisa menyembuhkan kebiasaan tak lazim itu, mereka berencana mengenalkan panda bernama Meng Meng itu dengan Jiao Qing. Panda jantan itu berusia tujuh tahun, sehingga berbeda tiga tahun daripada Meng Meng.

"Meng Meng sedang dalam masa pubertas," kata Direktur Kebun Binatang Berlin, Andreas Knieriem.

Dengan jarak usia tersebut, asmara Jiao Qing dengan Meng Meng diharapkan dapat membantunya mengobati frustrasi yang terkait dengan kehidupan di penangkaran. Hal ini diduga menjadi pemicu utama yang membuat Meng Meng bersikap demikian.

"Jalan mundur bisa jadi bentuk protesnya terhadap hal-hal yang tidak ia sukai, baik itu makanan ataupun perawat," lanjut Knieriem.

BACA JUGA: Wow! Kesehatannya Terjaga, Nenek Panda di China Rayakan Ultah ke-35

Meng Meng dan Jiao Qing telah tiba di Jerman sejak pertengahan tahun ini. Pemerintah China meminjamkan dua ekor panda itu kepada pemerintah Jerman. Panda tersebut diserahkan langsung oleh Presiden China, Xi Jinping, kepada Kanselir Jerman, Angela Markel pada Juli.

Sejak sampai di kebun binatang Berlin, kedua panda itu menjadi daya tarik utama. Namun, sejak tiba, Meng Meng menunjukkan sikap yang tidak biasa. Sikap Meng Meng mendapat perhatian khusus dari pihak pengelola kebun binatang.

BACA JUGA: VIDEO: Diganggu saat Makan, Induk Panda Ini Usir Anaknya

Panda raksasa akan tinggal di penangkaran terpisah kecuali pada musim kawin. Mereka akan tinggal bersama antara Februari dan Mei.

"Saat itu, Meng Meng akan mencapai kematangan seksual dan bisa memusatkan seluruh energinya untuk merayu pasangannya," tutup Knieriem. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini