Image

Ciptakan Masyarakat Siber yang Baik, Pemerintah Harus Segera Buat Regulasi Penunjang

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 15:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 23 337 1800705 ciptakan-masyarakat-siber-yang-baik-pemerintah-harus-segera-buat-regulasi-penunjang-O4HuaB7AnJ.jpg Rembuk nasional 2017 (FOTO: Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA - Ketahanan dunia siber di Indonesia menjadi salah satu pembahasan dalam Rembuk Nasional 2017 di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (22/10/2017). Staf Ahli bidang Cyber Defense Kementerian Pertahanan dan Wakil Ketua Bidang Rembuk Cyber Resilience, Marsudi Kisworo menuturkan bahwa minimnya regulasi di bidang teknologi informasi menjadi salah satu tantangan untuk mewujudkan ketahanan siber di Indonesia.

Kisworo melihat hanya Undang-undang (UU) Telekomunikasi dan UU Informasi Transaksi Elektronik (ITE) yang jadi acuan hukum yang mengatur kegiatan dan perilaku masyarakat dalam ranah siber dalam negeri. Padahal, menurut Kisworo, perkembangan dunia siber berlangsung sangat cepat dan masif.

"Padahal, dunia siber terus berkembang dengan berbagai permasalahan teknis yang juga cukup kompleks. Perlu ada regulasi yang mampu mengakomodasi permasalahan-permasalahan tersebut," katanya.

Marsudi juga memandang perlunya strategi yang dapat mendorong perilaku positif dan produktif masyarakat dalam kegiatan mereka di dunia siber, yang tentunya harus sesuai dengan tujuan bangsa. Menurut Marsudi, hingga kini, kebiasaan dan perilaku masyarakat dalam dunia siber masih jauh dari positif apalagi produktif.

"Kultur ini bisa dimulai sendiri dengan partisipasi masyarakat. Tapi memang perlu juga pemerintah hadir melalui regulasi," tutur Marsudi.

(ydp)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini