nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! Teori Kebahagiaan Milik Einstein Laku Terjual Rp21,2 Miliar

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 11:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 25 18 1801969 wow-teori-kebahagiaan-milik-einstein-laku-terjual-rp21-2-miliar-EaWlMjGK5v.jpg Dua carik kertas berisi teori kebahagiaan ala Einstein laku terjual Rp21,1 miliar (Foto: Menahem Kahana/AFP)

YERUSALEM – Pelelangan dua carik kertas tulisan tangan fisikawan Jerman, Albert Einstein, berlangsung dengan sukses di Yerusalem, Israel. Dua surat berisi teori tentang kebahagiaan hidup ala Einstein itu laku terjual dengan harga USD1,56 juta (setara Rp21,2 miliar).

Tulisan tangan itu digoreskan oleh Einstein 95 tahun lalu dan diberikan kepada seorang kurir di Tokyo, Jepang, alih-alih tip berupa uang. Sang fisikawan sempat mengatakan bahwa tulisan tangan itu nantinya akan lebih berharga daripada sekadar uang tip.

BACA JUGA: Teori Kebahagiaan Milik Einstein Dilelang, Apa Isinya?

Hasil penjualan via lelang itu jauh lebih tinggi dari perkiraan harga jual sebelum lelang, yaitu USD5.000-8.000 (setara Rp67,8 juta-108,6 juta). Tulisan tangan itu dijual lewat rumah lelang Winner di Yerusalem. Pemenang lelang itu adalah seorang asal Eropa yang menolak namanya diungkapkan.

(Albert Einstein. Foto: Associated Press)

“Harga jual tersebut menjadi rekor sepanjang masa untuk sebuah pelelangan dokumen tertulis di Israel,” ujar juru bicara Winner, Meni Chadad, sebagaimana dilansir Telegraph, Rabu (25/10/2017).

Harga penawaran awal dari secarik kertas itu ada pada angka USD2.000 (setara Rp27,1 juta). Mereka yang tertarik untuk membeli boleh menawar lewat daring serta panggilan telefon. Perang harga langsung terjadi dalam 20 menit pertama sejak lelang diumumkan hingga akhirnya muncul dua pelelang dengan harga tertinggi untuk duel head-to-head lewat telefon.

“Saya bahagia masih ada orang di luar sana yang tertarik pada ilmu pengetahuan dan sejarah serta pengiriman abadi di dunia yang berkembang begitu cepat,” ujar si penjual yang namanya dirahasiakan.

Tulisan tangan pada kertas kedua yang berbunyi lebih simpel, ‘Di mana ada kemauan, di situ ada jalan,’ terjual dengan harga USD240 ribu (setara Rp3,2 miliar). Ketika dua tulisan tangan itu terjual, tepuk tangan meriah membahana di rumah lelang Winner.

Sebagai informasi, surat itu ditulis oleh Einstein di Hotel Imperial, Tokyo, Jepang, pada 1922. Penemu teori relativitas tersebut saat itu sedang dalam tur mengajar di Negeri Sakura. Ia sengaja memberikan tulisan itu karena tidak punya uang kecil untuk diberikan sebagai tip kepada kurir hotel seraya mengatakan jika beruntung, catatan-catatan tersebut akan lebih berharga.

“Hidup yang tenang dan sederhana membawa lebih banyak kebahagiaan daripada mengejar kesuksesan yang diikat dengan kerusuhan konstan,” bunyi tulisan di kertas pertama. Pada kertas kedua, Einstein menulis pepatah terkenal, “Di mana ada kemauan, di situ ada jalan.” Tulisan tersebut dijual ke rumah lelang oleh seorang penduduk Hamburg, Jerman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini