nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konjen Malaysia akan Bantu Pembebasan 12 Nelayan, Pihak Keluarga juga Minta Dukungan Pemerintah

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Kamis 26 Oktober 2017 18:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 26 340 1803054 konjen-malaysia-akan-bantu-pembebasan-12-nelayan-pihak-keluarga-juga-minta-dukungan-pemerintah-VrsI3TUz8T.jpg Para wanita dan anak-anak berunjuk rasa di depan Kantor Konjen Malaysia (Foto: Okezone/Wahyudi A Siregar)

MEDAN - Konsulat Jenderal(Konjen) Malaysia di Medan berjanji akan membantu pembebasan 12 nelayan asal Belawan yang ditangkap Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia pada Minggu, 15 Oktober 2017 lalu.

Hal itu ditegaskan Konsul Muda Konsular dan Imigrasi pada Konjen Malaysia di Medan, Salmiah, saat menanggapi aksi unjukrasa ratusan keluarga nelayan tersebut di Kantor Konjen Malaysia di Jalan Diponegoro Medan, Kamis, 26 Oktober 2017 siang.

Salah satu perwakilan keluarga nelayan, Zulfahri Siagian yang menghadiri pertemuan dengan mengatakan bahwa pihak Konjen Malaysia berjanji akan membebaskan para nelayan sebelum November 2017.

"Ini kita sudah pegang surat dari mereka yang menyatakan bahwa mereka akan memperpanjangkan permintaan kita kepada pihak yang berwenang di Malaysia. Surat itu ditandatagani, Konsul Muda Konsular dan Imigrasi atas nama Salmiah,” kata Zulfahri.

Lebih lanjut Zulfahri mengatakan, sambil menunggu janji yang disampaikan Konjen Malaysia di Medan, untuk membebaskan kerabat mereka. Mereka pun mendesak Pemerintah Indonesia untuk ikut andil membebaskan para nelayan tersebut.

“12 nelayan yang ditangkap Malaysia ini bukan mencuri ikan, mereka justru berada di perairan Indonesia, tapi tetap ditangkap dan dibawa ke Malaysia. Ini tidak seharusnya dilakukan, apalagi kita (Indonesia) kan sudah punya kesepakatan dengan Malaysia terkait operasional nelayan tradisional,” pungkasnya.

(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini