Image

Waspada! Ada Pencurian Mobil Bermodus Pindah Rumah, Ini Kejadiannya

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 27 Oktober 2017, 13:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 27 338 1803471 waspada-ada-pencurian-mobil-bermodus-pindah-rumah-ini-kejadiannya-SYguRtYtoP.jpg Ilustrasi.

JAKARTA - Seorang pengusaha rental mobil, Apriyandi (29) tertipu habis-habisan oleh dua pengangguran yang baru dikenalnya, Andi dan Sunarto alias Agung alias Saputra.

Kasubag Humas Polres Jakarta Pusat, Kompol Suyatno mengatakan, pada awalnya Agung dan Andi mendatangi rumah korban di Lampung, berniat untuk merental mobilnya.

"Mereka datang ke rumah korban berpura-pura merental mobil untuk pindahan dari Jakarta ke Lampung," katanya kepada wartawan, Jumat (27/10/2017).

Setelah terjadi kesepakatan biaya sewa mobil dengan jumlah tertentu, korban dan para pelaku langsung berangkat ke Ibu Kota untuk mengambil barang.

Setiba di Jakarta, salah satu pelaku mengajak makan di sebuah rumah makan di Mardani, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Namun saat makan Andi meminta kontak kunci dan STNK untuk mengambil barang-barang hal ini beralasan agar tidak memakan waktu.

"Pas makan, Andi meminta izin kepada Apriyandi untuk menyerahkan kunci mobil dan STNK dengan alasan agar lebih cepat menangkut barang," ungkapnya.

Setelah memberikan kunci dan STNK asli, Andi langsung memacu mobilnya, sedang di rumah makan hanya ada korban dan salah satu pelaku. Tidak lama pelaku yang tinggal bersama korban tiba-tiba berpura-pura muntah dan minta korban untuk mengantarnya ke rumah sakit.

"Agung berpura-pura muntah-muntah dan meminta mengantarkan ke rumah sakit," ucapnya.

Karena korban tidak menguasai lokasi, akhirnya Agung meminta tukang ojek setempat mengantarkan ke RS Premier Jatinegara, namun ternyata hal itu hanya akal-akalan para pelaku, Andi dan Agung rupanya janjian di suatu tempat.

"Ternyata pelaku yang tadinya meminjam mobil dan berpura-pura janjian di suatu tempat," ucapnya.

Mendengar informasi dari tukang ojek yang mengantarkan Sandi bahwa Agung dan Andi ketemuan dan membawa kabur mobilnya, Apriyandi langsung melaporkan ke Polsek Cempaka Putih.

"Ternyata pas mendengar penuturan tukang ojek, Apriyandi langsung kaget dan memintanya ke kantor polisi untuk melapor," lanjutnya.

Setiba di polsek dan mendengarkan keluhan korban, petugas langsung mengejar pelaku ke arah Jatinegara, Jakarta Timur. "Petugas langsung mengejar pelaku yang membawa kabur mobil korban," ucapnya.

Karena di ruas jalan tersebut sedang ada perbaikan jalan, para pelaku tidak bisa memacu mobilnya lebih kencang, akhirnya polisi berhasil membekuk para bandit asal Lampung ini di tengah kemacetan.

"Polisi berhasil menemukan mobil Daihatsu putih BE 9537 DT, namun salah satu dari pelaku berhasil melarikan diri Agung alias Sunarto sedangkan pelaku lainnya, Andi berhasil ditangkap," tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan pihak kepolisian masih melakukan pengejaran terhadap salah satu pelaku yang dikenal sudah terbiasa melakukan aksi penipuan dengan modus serupa.

"Kami sedang kejar DPO, kami juga sedang melakukan pemeriksaan terhadap salah satu pelaku yang berhasil ditangkap," pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini