nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Guru Besar Diimbau Perbanyak Karya Penelitian dan Jurnal Internasional

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 27 Oktober 2017 16:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 27 65 1803661 catat-guru-besar-diimbau-perbanyak-karya-penelitian-dan-jurnal-internasional-zjSu5RVOBd.jpg Foto: Shutterstock

PADANG - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X mendorong guru besar yang ada di lingkungannya untuk memperbanyak karya penelitian dan jurnal bereputasi seperti Scopus.

"Untuk jurnal Scopus peringkat Indonesia dalam jumlah bisa melewati Thailand, namun dari Malaysia dan Singapura masih kalah," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri usai mengukuhkan dua guru besar baru di Padang, Jumat (27/10/2017).

Dosen yang telah bergelar guru besar memiliki kewajiban utama untuk terus memperdalam ilmunya dan memperbanyak publikasi berskala besar. Bukan hanya itu melalui penelitian itu dihasilkan sebuah karya yang teraplikasi bukan hanya secara nasional namun juga internasional.

Sebab guru besar memiliki tanggung jawab dalam memajukan ilmu pengetahuan dan pendidikan tinggi secara keseluruhan.

"Bila sudah jadi guru besar juga harus mengayomi dan panutan dosen muda," ujarnya.

Artinya dengan meningkatkan jumlah publikasi akan memacu doktor dan dosen lain untuk melakukan serupa. Kemudian bila telah memiliki intensitas yang banyak dalam publikasi tentu harus membina dosen muda.

"Saat ini di Kopertis X memiliki 20 guru besar, tentu doktor harus mengejar jabatan fungsional itu," ujar dia.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini