Perkelahian Satpam dengan Mahasiswa, Kampus USU Serahkan Kasus ke Polisi

Agregasi Antara, · Jum'at 27 Oktober 2017 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 27 65 1803839 perkelahian-satpam-dengan-mahasiswa-kampus-usu-serahkan-kasus-ke-polisi-YI8kBUo4Xp.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

MEDAN - Universitas Sumatera Utara (USU) telah menyerahkan proses hukum kasus perseteruan yang melibatkan satuan pengamanan dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya ke pihak kepolisian.

Kepala Humas Universitas Sumatera Utara (USU) Bisru Hafi di Medan, Jumat (27/10/2017), mengatakan, proses hukum tersebut, saat ini sedang berlangsung, baik di Polsek Medan Baru maupun di Polrestabes Medan.

Menurut dia, setelah diserahkannya permasalahan itu ke pihak kepolisian, maka akan jelas pokok persoalannya dan pihak-pihak yang harus bertanggung jawab. Selain itu, kasus itu diharapkan juga tidak berkembang atau terjadi saling menyalahkan antara satpam dengan mahasiswa.

"Apalagi, kedua belah pihak, baik satpam mau pun mahasiwa mengalami luka-luka dan dirawat intensif di RS," ujar Bisru.

Ia mengatakan, hasil dari proses hukum tersebut akan menjadi pertimbangan utama bagi Rektorat USU dalam mengambil keputusan, termasuk menjatuhkan sanksi.

Wakil Rektor V USU Ir Luhut Sihombing mengatakan, salah seorang petugas Satpam USU berinisial FM sudah menerima dan memenuhi panggilan Polrestabes Medan.

Oknum satpam tersebut, menurut dia, menjalani pemeriksaan karena laporan yang dilakukan oleh keluarga salah seorang mahasiswa.

"Sedangkan, mengenai kejadian yang sama, Satpam USU juga sudah memberikan laporannya atas peristiwa tersebut," ucapnya.

Ketika ditanyakan mengenai perkembangan atas laporan Satpam USU di Polsek Medan Baru, Luhut mengatakan, masalah itu belum ditindaklanjuti polisi karena yang bersangkutan masih dirawat di RS.

"Kita berharap kasus tersebut, dapat diselesaikan secara hukum," kata Luhut.

Sebelumnya, Kepala Humas USU Bisru Hafi menjelaskan peristiwa bentrokan itu terjadi Rabu (18/10) malam sekira pukul 23.00 WIB.

Saat itu, Satpam USU melaksanakan patroli rutin di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), namun mendapat respon negatif dari beberapa mahasiswa.

Bahkan, beberapa mahasiswa melakukan pemukulan terhadap Slamet Riyadi, Satpam USU, dan Reza, penjaga keamanan FIB USU.

"Slamet mengalami pendarahan di bagian kepala. Sedangkan Reza mengalami memar di bagian badannya akibat hantaman kayu balok. Kedua korban tersebut masih dirawat di RS USU," katanya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini