Bus Pengangkut Peserta Festival Keagamaan Nyemplung ke Sungai, 31 Orang Tewas

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Sabtu 28 Oktober 2017 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 28 18 1804370 bus-pengangkut-peserta-festival-keagamaan-nyemplung-ke-sungai-31-orang-tewas-hENDY9uSum.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KATHMANDU – Sebuah bus yang mengangkut peserta festival keagamaan Hindu di Kathmandu, Nepal, mengalami kecelakaan. Bus nahas itu tergelincir dari jalan tol utama di ibu kota dan tercebur ke sungai. Akibatnya, 31 orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Kecelakaan terjadi pada dini hari waktu setempat di jalan tol Prithvi yang menghubungkan Ibu Kota Kathmandu dengan wilayah selatan. Otoritas setempat mengatakan, beberapa orang korban masih terjebak di dalam bangkai bus di dasar sungai.

“Kami sudah menemukan 31 jenazah dan sedang mencari korban lainnya. Nampaknya tidak akan ada yang bisa bertahan dalam waktu lama di bawah air,” ujar pejabat pemerintah setempat, Ram Mani Mishra, melansir dari Reuters, Sabtu (28/10/2017).

Tim penyelamat dan polisi terpaksa menggunakan perahu karet untuk menyusuri sungai di mana bus tersebut tenggelam. Mereka baru dapat menemukan lokasi kecelakaan beberapa jam usai insiden dan berupaya mengangkut bangkai serta para korban dengan menggunakan alat berat.

Pejabat lainnya, Shyam Prasad Bhandari menuturkan, kecelakaan tersebut juga mengakibatkan 16 orang lainnya luka-luka. Dua orang yang menderita luka berat segera dilarikan ke rumah sakit di Ibu Kota Kathmandu, sementara sisanya dirawat di rumah sakit terdekat.

Polisi menerangkan, para korban selamat diketahui terlempar keluar dari jendela bus saat kecelakaan. Akan tetapi, sedikitnya 13 orang lagi diyakini masih terjebak di dalam bangkai bus yang melaju dari Rajbiraj pada Jumat 27 Oktober malam waktu setempat.

Kecelakaan jalan raya diketahui sebagai hal yang sering terjadi di Nepal. Berdasarkan catatan kepolisian, sekira 1.800 orang meninggal dunia akibat kecelakaan setiap tahunnya. Selain faktor manusia, buruknya pemeliharaan infrastruktur jalan raya dan padatnya kendaraan menjadi penyebab kecelakaan.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini