Hadiri Puncak HUT Ke-58, Presiden Jokowi Sebut Ormas Pemuda Pancasila Sangat Spesial

Bramantyo, Okezone · Sabtu 28 Oktober 2017 22:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 28 512 1804382 hadiri-puncak-hut-ke-58-presiden-jokowi-sebut-ormas-pemuda-pancasila-sangat-spesial-1oeErhwOJu.jpg Presiden Jokowi saat di acara HUT pemuda pancasila (foto: Bram/Okezone)

SOLO - Presiden Joko Widodo menghadiri puncak peringatan hari Ulang tahun (HUT) Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Pemuda Pancasila ke-58 dan penutupan Musyawarah Pimpinan Paripurna Ormas Pemuda Pancasila di Solo, Jawa Tengah.

Pantauan Okezone di lokasi, Jokowi tiba di lokasi HUT Pemuda Pancasila dengan menggunakan seragam Pemuda Pancasila sekira pukul 19.51 WIB.

Kedatangan orang nomor satu itu disambut meriah tepuk tangan dari Kader Pemuda Pancasila. Apalagi, saat memasuki lokasi peringatan puncak HUT Ormas Pemuda Pancasila, tidak langsung duduk di kursi yang telah disediakan. Seperti biasa, mantan Walikota Solo ini menyalami satu persatu kader yang memadati lokasi peringatan HUT di sebuat hotel berbintang di Kota Solo.

Jelas, kader Pemuda Pancasila ini gembira saat didatangi Jokowi. Spontan, mereka pun saling berebut agar bisa bersalaman dengan Jokowi. Usai menyalami para kader Pemuda Pancasila, Jokowi yang didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu kembali ke tempat yang telah disediakan.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengaku tidaklah asing dengan keberadaan Pemuda Pancasila. Pasalnya, saat dirinya menjabat sebagai Walikota Solo, ormas Pemuda Pancasila ini selalu mengundangnya disetiap perayaan HUT.

"Tapi begitu saya jadi Gubernur DKI Jakarta terus jadi Presiden saya tidak pernah lagi diundang. Padahal, waktu saya jadi Walikota, mas Yapto (Ketua Pemuda Pancasila) ini selalu diundang," jelas Jokowi disambut tepuk tangan kader Pemuda Pancasila, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2017).

Menurut Jokowi, Pemuda Pancasila adalah ormas yang spesial. Ada kalimat Pancasila di dalamnya, dimana Pancasila sendiri adalah sebagai dasar negara Indonesia.

"Pemuda Pancasila ini ormas yang sangat spesial. Kenapa, karena ada nama pancasilanya. Dan pancasila itu abadi selamanya. Dan Pancasila itulah yang menyatukan bangsa Indonesia,"ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan arti penting menjaga dasar negara dan keutuhan NKRI. Menurut Jokowi, saat ini masih ada yang mencoba memecah belah negara Indonesia dengan beragam. Cara salah satunya ingin menggantikan ideologi Pancasila. Keingin untuk memecah belah negara kesatuan Indonesia.

"Namun kita harus ingat tujuan akhir mereka adalah memecah belah NKRI," tegas Jokowi.

Karena itu, lanjut Jokowi, Pemuda Pancasila diharapkan selalu menjadi benteng penjaga Pancasila, benteng penjaga UUD'45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

"Dimana ideologi Pancasila pemandu jalan kita yang telah menyatukan bangsa Indonesia selama 72 tahun lebih," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini