Image

Unik! Produsen Mobil Asal Jepang Ini Ciptakan Suara untuk Kendaraan Listrik

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 31 Oktober 2017, 10:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 31 15 1805551 unik-produsen-mobil-asal-jepang-ini-ciptakan-suara-untuk-kendaraan-listrik-5QxVSANxnj.jpg Nissan IMx (Carscoops)

TOKYO – Umumnya mobil listrik dikenal senyap pada saat melaju sehingga keberadaannya tidak disadari oleh pengguna jalan lain. Beda dengan mobil bensin dan diesel yang kerap mengeluarkan suara dari mesin. Demi keamanan, Nissan Motor mengembangkan suara untuk mobil listrik dengan nama Canto.

Saat ini teknologi suara yang dikembangkan Nissan tengah dipamerkan di Tokyo Motor Show 2017, di Jepang. Teknologi tersebut dibenamkan ke mobil listrik konsep IMx.

(Baca juga: Di Jepang Teknologi ProPilot Nissan Dibanderol Rp20 Jutaan)

Daniele Schillaci, executive vice president Nissan Motor untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery Busines mengatakan, "Elemen penting Nissan Intelligent Mobility adalah bagaimana kendaraan terintergrasi dengan lingkungan sekitar, dan komponen krusial tersebut adalah suara. Canto, dirancang khusus untuk menjaga keamanan para pejalan kaki, termasuk juga memberikan suara khas Nissan, sebuah suara berenergi dan lantang yang menjadi ciri khas merek dan menunjukkan keunikan posisi kami di antara mobil-mobil listrik lainnya,"

Canto berasal dari bahasa Latin yang berarti “Aku menyanyi”. Berbagai jenis suara dan nada akan beragam, sesuai dengan akselerasi, deselerasi atau saat kendaraan berjalan mundur. Suara tersebut aktiv ketika mobil melaju pada kecepatan 20-30 kilometer per jam.

Nissan menciptakan teknologi suara Canto dengan tujuan untuk membangun kewaspadaan. Selain itu sebagai upaya untuk memperkaya indera pendengaran pengguna jalan yang ada di sekeliling mobil. Tingkat suaranya akan terdengar jelas, tanpa mengganggu pejalan kaki, dan penumpang.

(Baca juga: Nissan Siap Luncurkan Teknologi Semiotonom ProPilot Assist)

Nissan telah mengembangkan kendaraan bersuara sejak 2010, melalui sistem "Approaching Vehicle Sound for Pedestrians", sebuah sistem yang menghasilkan suara peringatan bagi pejalan kaki dan pengendara lain, sehingga mereka mengetahui bahwa ada mobil yang mendekat. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini