nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rencanakan Pembunuhan Putra Kim Jong-nam, Anggota Tim Pembunuh Korut Ditangkap di China

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Selasa 31 Oktober 2017 08:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 31 18 1805495 rencanakan-pembunuhan-putra-kim-jong-nam-anggota-tim-pembunuh-korut-ditangkap-di-china-eIxp6bHTSo.jpg Otoritas China menangkap anggota tim pembunuhan yang ingin menghabisi Kim Han-sol (Foto: Youtube)

BEIJING – Otoritas China dikabarkan berhasil menangkap dua orang anggota tim pembunuhan dari Korea Utara (Korut). Keduanya ditangkap di Beijing saat merencanakan upaya pembunuhan terhadap Kim Han-sol, putra dari mendiang Kim Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un.

BACA JUGA: Putra Kim Jong-nam Menghilang, Ini Profilnya

Harian Korea Selatan (Korsel), JoongAng Ilbo melaporkan, sebanyak tujuh orang agen terlibat dalam rencana pembunuhan terhadap Kim Han-sol tersebut. Mereka ditugaskan untuk membunuh pemuda berusia 21 tahun itu, sama seperti ayahnya Kim Jong-nam yang diracun di Malaysia pada Februari lalu.

“Tim operasi spesial dari tim mata-mata Korea Utara berupaya masuk ke China untuk membunuh Kim Han-sol, akan tetapi beberapa di antaranya ditangkap pekan lalu oleh Kementerian Keamanan Nasional China dan saat ini sedang diperiksa di sebuah fasilitas di pinggiran Beijing,” tulis JoongAng Ilbo, mengutip dari Telegraph, Selasa (31/10/2017).

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai keberadaan dari sisa anggota tim pembunuhan tersebut. Tim diduga dibentuk dengan beberapa unit yang memiliki tugas berbeda-beda. Ada yang berperan sebagai kelompok pendukung dan juga ada yang berperan mengungkap tempat tinggal Kim Han-sol serta melakukan pengejaran.

BACA JUGA: Kakak Tiri Kim Jong-un Tewas Diracun di Malaysia 

BACA JUGA: Han-sol Tiba, Tes DNA Jenazah Kim Jong-nam Bisa Dimulai 

Otoritas China melacak rencana pembunuhan tersebut bersamaan dengan pengetatan keamanan menjelang Kongres ke-19 Partai Komunis di Beijing. Keamanan di Ibu Kota Beijing diperketat selama tujuh hari berturut-turut sejak 18-25 Oktober.

Sejak ayahnya meninggal dunia di Malaysia, Kim Han-sol bersama ibu dan adik perempuannya, bersembunyi. Mereka dibantu oleh sebuah organisasi bayangan yang disebut Cheollima Civil Defence dalam persembunyiannya.

BACA JUGA: Putra Kim Jong-nam: "Paman Jong-un Diktator"

Kim Han-sol dan keluarganya kemungkinan besar masih berada di China di bawah perlindungan dari Negeri Tirai Bambu. Keluarga Kim Jong-man diketahui memang pernah tinggal di China dan Makau setelah melarikan diri dari Korea Utara beberapa tahun lalu.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini