Image

Denmark Desak Komunitas Internasional bantu Bangladesh Tangani Krisis Rohingya

Emirald Julio, Jurnalis · Selasa 31 Oktober 2017, 17:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 31 18 1805848 denmark-desak-komunitas-internasional-bantu-bangladesh-tangani-krisis-rohingya-Kcgdatqs5Y.jpg Foto Menteri Kerjasama dan Pembangunan Denmar, Ulla Tornaes, saat mengunjungi kamp pengungsian di Cox's Bazar (Foto: Kedutaan Besar Denmark untuk Bangladesh)

COX’S BAZAR – Denmark mendesak komunitas internasional agar bergerak untuk membantu Bangladesh dalam menangani krisis pengungsi Rohingya. Desakan ini disampaikan oleh Menteri Kerjasama dan Pembangunan Denmark, Ulla Tornaes.

“Bangladesh harus diberi pujian tinggi karena menerima pengungsi dalam jumlah besar. Tetapi penting agar masyarakat internasional sekarang melangkah masuk sehingga Bangladesh dan masyarakat yang merasakan dampaknya tidak merasa sendirian dalam menangani tugas besar ini,” ujar Tornaes usai mengunjungi kamp pengungsian Rohingya di Cox’s Bazar, sebagaimana dikutip dari Bdnews24.com, Selasa (31/10/2017).

Tornaes dilaporkan berada di kamp pengungsian Rohingya selama dua hari dari Minggu hingga Senin 30 Oktober 2017. Pihak Kementerian Luar Negeri Bangladesh menyatakan, kunjungan itu dilakukan Tornaes karena Menteri Kerjasama dan Pembangunan Denmark itu ingin melihat langsung para warga Rohingya yang terpaksa meninggalkan Myanmar karena kekerasan di Rakhine State.

BACA JUGA: Berusaha Kendalikan Populasi, Bangladesh akan Dorong Pemandulan Pria Rohingya

Tornaes tidak datang sendiri ke kamp-kamp pengungsian Rohingya sebab ia membawa delegasi dari Denmark. Duta Besar Denmark untuk Bangladesh Mikael Hemniti Winther dan Sekretaris Negara untuk Kebijakan Pembangunan untuk Kebijakan Pembangunan Martin Bille Hermann termasuk dalam rombongan tersebut.

Saat tiba di kamp pengungsian, Direktur Jenderal urusan Eropa Barat dan Uni Eropa Mohammad Khorshed Alam Khastagir langsung menyambut delegasi Denmark.

BACA JUGA: Di Tengah Krisis Rohingya, Norwegia Ditunjuk PBB Jadi Koordinator Kemanusiaan untuk Myanmar

Negeri Ratu Margrethe II itu diklaim sebagai salah satu negara yang merespons cepat ketika mendengar sudah ada lebih dari 500 ribu warga etnis Rohingya yang mengungsi di Bangladesh. Pada September 2017, Pemerintah Denmark menggelontorkan dana 40 juta krone atau sekira Rp84 miliar untuk membantu Bangladesh.

Namun saat mengunjungi Cox’s Bazar, Tornaes memberikan pengumuman bantuan tambahan dari Pemerintah Denmark. “Namun, masih ada kebutuhan mendesak untuk bantuan kemanusian dan karena itu pada 23 Oktober (kami-red) memutuskan untuk mengalokasi tambahan 32 juta krone (sekira Rp67 miliar) pada konferensi yang dijanjikan, (sedangkan-red) bagi mereka yang paling menderita dan kami siap dengan tambahan 30 juta krone (sekira Rp63 miliar),” tambah Tornaes.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini