Image

Keren! Saingi Honda & Viar, Yamaha Sasar Pasar Motor Listrik di Indonesia

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 01 November 2017, 15:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 01 15 1806511 keren-saingi-honda-viar-yamaha-sasar-pasar-motor-listrik-di-indonesia-wjRZwHVC6L.jpg Yamaha perkenalkan E-Vino (Santo/Okezone)

JAKARTA - Seakan tak mau kalah dengan produsen automotif lain seperti Honda, Viar, dan Garansindo, yang sudah lebih dulu memperkenalkan sepeda motor listrik, hari ini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi melakukan market trial (uji pasar) motor listrik di Indonesia. Studi uji pasar motor listrik dilakukan dalam kurun waktu satu bulan ke depan.

Dalam melakukan uji pasar, Yamaha melakukan kerjasama dengan beberapa institusi seperti Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan, Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD. Motor listrik yang diberi nama e-Vino itu nantinya akan digunakan sebagai transportasi di kawasan internal mereka. 

(Baca juga: Motor-Motor Listrik yang Pernah Lakukan Uji Coba di Indonesia)

"Hari ini kami mengumumkan Yamaha memulai uji coba pasar kendaraan listrik di Indonesia dengan beberapa rekanan," ujar  Presiden Direktur YIMM, Minoru Morimoto di Jakarta, Rabu (1/11/2017). 

Dijelaskannya bahwa Yamaha sudah lama mengembangkan kendaraan listrik, dan sudah memasarkannya secara massal di beberapa negara. 

"Sebenarnya Yamaha memiliki sejarah panjang kendaraan listrik di Industri ini. Dimulai dari tahun 1993 Yamaha memperkenalkan sepeda dengan bantuan elektrik pertama di dunia bernama Pas, (power assist system). Kemudian kami juga memperkenalkan motor listrik di tahun 2002, kendaraan ramah lingkungan ini sudah terjual di dunia lebih dari 10 juta unit sejak peluncurnnya," terang Minoru. 

Dengan pengalaman yang cukup panjang tersebut lanjut Minoru, pihaknya sangat optimis untuk menyambut era kendaraan listrik di Indonesia, dan mendukung pemerintah dalam mengembangkan industri kendaraan listrik di Indonesia 

(Baca juga: Tak Dapat Insentif Pajak, Motor Listrik Impor Bisa Saja Dapat Keringanan Bea Balik Nama)

"Yamaha juga siap berkontribusi, untuk itu dengan pengalaman kami yang kaya tentang kendaraan listrik. Ini (uji pasar) adalah langkah pertama kami dalam menyongsong era kendaranaan listrik," tutur dia.

Dari hasil tes pasar ini Yamaha akan melakukan analisa supaya kedepannya bisa menghasilakan motor listrik yang berkualitas bagi konsumen. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini