Image

Mantap! Kementerian Perhubungan Apresiasi Semua Pihak yang Melakukan Pengembangan Kendaraan Listrik

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 01 November 2017, 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 01 15 1806672 mantap-kementerian-perhubungan-apresiasi-semua-pihak-yang-melakukan-pengembangan-kendaraan-listrik-GFecoot84j.jpg Perkenalan Yamaha E-Vino (Santo/Okezone)

JAKARTA - Kendaraan listrik memang tengah menjadi pembicaraan yang hangat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Saat ini sejumlah pabrikan baik motor maupun mobil di Tanah Air sudah mulai mengarahkan fokus mereka ke kendaraan tanpa emisi tersebut.

"Seperti kita tahu dewasa ini kita menghadapi masalah global seperti energi, lingkungan dan keselamatan yang harus segera diatasi. Bisa jadi kendaraan listrik bisa menjadi salah satu jawaban atas tantangan masa kini dan masa depan ini," ujar Eddy Gunawan, direktur sarana perhubungan darat Kementerian Perhubungan dalam kata sambutannya yang dibacakan oleh Joko Kusnanto, kepala seksi rancang bangun direktorat sarana perhubungan darat, di Jakarta, Rabu (1/11/2017).

(Baca juga: Dukung Perkembangan Kendaraan Listrik di Jakarta, Gubernur Anies Siap Sediakan Pom Listrik)

Namun lanjut Eddy dalam pengembangan kendaraan listrik tidak mudah, ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dulu. Mulai dari layak jalan, produksi, market, infrastruktur, serta membuat penyusunan peraturan program percepatan penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi jalan.

"Oleh karena itu kami menyambut baik seluruh upaya diskusi dan pengembangan yang dilakukan semua pihak untuk melaksanakan pengembangan kendaraan listrik yang memenuhi faktor safety dan perlindungan lingkungan, serta menciptakan standar dan regulasi kendaraan listrik yang efektif," ungkapnya.

Eddy mengungkapkan harapannya di masa mendatang kendaraan listrik di Indonesia bisa berkembang dan menjadi pilihan utama bagi masyarakat.

(Baca juga: Indonesia Mulai Digempur Produk Sepeda Motor Listrik)

"Harapan kami kendaraan listrik di masa mendatang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang transportasi jalan dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia," pungkas dia. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini