Image

Kemenperin: 10 Prototipe Mobil Listrik yang Dipinjam Bukan untuk Dibongkar

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 02 November 2017, 12:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 02 15 1807099 kemenperin-10-prototipe-mobil-listrik-yang-dipinjam-bukan-untuk-dibongkar-steLxcvqZa.jpg Menperin test drive mobil listrik (Dokumentasi Kemenperin)

JAKARTA - Era kendaraan listrik sudah di depan mata. Sebagai persiapan menuju ke arah sana, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sekarang ini masih terus melakukan kajian yang mendalam supaya nantinya tidak ada lagi kekurangan ketika kendaraan listrik mulai di pasarkan. Salah satu Upaya yang dilakukan yaitu menguji langsung mobil listrik.

Kemenperin telah melakukan kerjasama dengan Mitsubishi Motors, hasilnya produsen mobil asal Jepang itu mau meminjamkan 10 prototipe mobil listrik untuk diuji coba. Semua mobil akan datang pada Desember 2017 ke Indonesia. Nantinya mobil tersebut bukan untuk di bongkar melainkan sebagai riset untuk menentukan apa saja yang dibutuhkan kendaraan ramah lingkungan itu.

(Baca juga: Wih, Kemenperin Akan Uji Coba 10 Prototipe Mobil Listrik)

"Kerja sama Kemenperin dengan Mitsubishi yang sudah menunjukkan kepeduliannya dan menyediakan 10 kendaraan ramah lingkunagn untuk sama-sama kita coba. Artinya bukan di bongkar pasang, tapi kita akan coba mengendarainya, dan feeling-nya seperti apa," ujar Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan, di Jakarta, baru-baru ini.

Nantinya lanjut Putu, bahwa pihaknya akan menggandeng beberapa institusi untuk melakukan uji coba mobil listrik tersebut. Hasil dari pengujian akan ada evaluasi.

"Sama seperti Yamaha kasih pinjam motor listrik ke Kebun Raya Bogor, dan Universitas. Nah hal yang sama akan kita coba juga. Nanti Kemenperin mengajak Kementerian Perhubungan dan lain-lain," terangnya.

Sebelumnya pada 19 Oktober, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi oleh Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dan Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah meninjau pabrik Mitsubishi Motors Okazaki di Prefektur Aichi, Jepang. Pabrik Mitsubishi Motors Okazaki telah beroperasi sejak 1977 dan saat ini memproduksi mobil model Outlander PHEV, Outlander, RVR (ASX) Outlander Sport.

(Baca juga: Diberi Bantuan Kendaraan Listrik, Menperin: untuk Mendukung Riset di Dalam Negeri)

Menperin bersama Ketua III Gaikindo sempat melakukan test drive mobil listrik di sela-sela kunjungannya. Menperin mengatakan bahwa saat ini Kemenperin sedang mendorong penelitian penggunaan mobil listrik bukan hanya dari segi kendaraan, tetapi infrastruktur, charger-nya, stasiun pengisian listrik, availability, dan lainnya. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini