Image

Punya Pusat R&D, Kemenperin: Bukti Yamaha Tidak Menganggap Indonesia Hanya sebagai Pasar

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 02 November 2017, 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 02 15 1807371 punya-pusat-r-d-kemenperin-bukti-yamaha-tidak-menganggap-indonesia-hanya-sebagai-pasar-OkXazkg4a4.jpg Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan (Santo/Okezone)

JAKARTA - Yamaha berdiri di Indonesia sejak 1974 sampai saat ini masih menjadi salah satu pemain besar di segmen roda dua. Perusahaan yang bermarkas di Jepang itu kini sudah mempunyai pusat penelitian dan pengembangan (Research & Development Center/R&D) di Indonesia.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan mengapresiasi Yamaha karena sudah memiliki pusat R&D. Hal ini sebagai bukti bahwa Yamaha memandang Indonesia sebagai negara yang sangat penting.

(Baca juga: Punya R&D Center, Daihatsu Bisa Kembangkan Mobil Sendiri di Indonesia)

"Dengan adanya R&D ini membuktikan bahwa Yamaha tidak menganggap Indonesia hanya sebagai pasar, tetapi Indonesia sudah dianggap sebagai basis untuk produksinya," ungkap Putu, belum lama ini.

Dengan adanya pusat R&D maka perusahaan dengan mudah untuk mengembangkan dan melakukan pengujian sebuah produk di Tanah Air. Terlebih apabila ada masalah pada produk yang dirancang perusahaan, bisa langsung diteliti tanpa harus membawanya ke Jepang.

"Industri itu memiliki satu siklus yang lengkap yaitu mulai dari R&D, prototipe, kemudian manufacturing, distribusi, after sales dan kemudian kembali lagi kepada R&D. Tugasnya R&D dari waktu ke waktu adalah meningkatkan performa dan menjaga kualitas dari suatu produk," terang Putu.

Putu menambahkan dengan adanya rencana Yamaha untuk masuk ke kendaraan listrik di Indonesia diharapkan sekali bisa menjadi suatu contoh dari industri sepeda motor listrik yang baik dan benar.

(Baca juga: Yamaha Tak Mau Gegabah Pasarkan Motor Listrik di Indonesia, Ini Alasannya)

"Apa itu industri kendaraan sepeda motor listrik yang baik dan benar? seperti yang tadi saya sampaikan bahwa industi itu memiliki siklus yang lengkap termasuk juga produk-produknya yang sudah melalui proses pengujian," pungkas dia. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini