Image

Jelang Tahun Politik, Wapres JK: Saya Katakan Indonesia Selalu Stabil!

Reni Lestari, Jurnalis · Kamis 02 November 2017, 12:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 02 337 1807096 jelang-tahun-politik-wapres-jk-saya-katakan-indonesia-selalu-stabil-pBTZNzD160.jpg Wapres JK di Hotel Aryaduta (Foto: Reni/Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjelaskan, umumnya keadaan ekonomi di suatu negara akan berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi. Tetapi di Indonesia, dengan kondisi politik yang relatif stabil, iklim ekonomi dan investasi diperkirakan tak banyak terganggu.

Hal ini khususnya berkaitan dengan tahun politik yang akan segera menjelang. Dimana tahun depan, Indonesia akan menghadapi Pilkada serentak yang diikuti 171 daerah, menyusul Pemilu serentak pada 2019.

"Saya katakan Indonesia selalu stabil. Banyak juga yang khawatir soal Pilkada tahun depan. Dalam sejarahnya, sebagian besar Pilkada, katakanlah 95 persen Pilkada itu aman," kata JK saat menjadi keynote speaker pada acara Breakfast Meeting Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2017).

Hanya ada sebagian kecil saja konflik yang terjadi pasca Pilkada. Stabilitas politik di Tanah Air, jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Thailand, Filipina atau Malaysia, jauh lebih baik.

Wapres menjelaskan, Pilkada di Indonesia relatif lebih aman karena peta koalisi di masing-masing daerah tidak selalu sama sehingga tidak menimbulkan sentimen politik yang besar. Selain itu, konflik horizontal di tengah masyarakat juga bisa diatasi dengan baik.

"Saya yakin bahwa tidak akan ada permasalahan, kalaupun ada masalah, biasanya setelah diumumkan (pemenang Pilkada)," ujar JK.

"Jadi lebih banyak orang bicara tahun politik hangat, saya kira tidak, (hanya) hangat di pembicaraan, tapi tidak hangat di lapangan. Riuh rendahnya karena Anda (awak media) semua perlu berita yang hangat, kalau dingin-dingin saja kan kurang menarik," tukas JK, diikuti tawa hadirin.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini