nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Geger! Perkarangan Rumah Warga Sungailiat Bangka Tumbuh Bunga Bangkai

Arsan Mailanto, Jurnalis · Kamis 02 November 2017 07:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 02 340 1806936 geger-perkarangan-rumah-warga-sungailiat-bangka-tumbuh-bunga-bangkai-aA0teauOKw.jpg Bunga Bangkai yang tumbuh di perkarangan rumah warga Sungailiat, Bangka. Foto Okezone/Arsan Mailanto

BANGKA – Warga Air Centeng, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung digegerkan dengan penemuan Bunga Bangkai (Amorphophallus Titanium) yang terus tumbuh di perkarangan halaman rumah.

Tumbuhnya bunga langka tersebut sempat menarik perhatian warga sekitar yang penasaran untuk melihatnya secara langsung bentuk dan jenis bunga tersebut.

Imam Supair warga Air Centeng, Sungailiat mengaku kebingungan pasalnya hanya di halaman depan dan belakang rumahnya yang ditumbuhi bunga bangkai.

"Bunga Bangkai ini berukuran sekira kurang lebih 50 cm. Tahun-tahun sebelumnya usai muncul umbinya, bunganya kemudian menghilang," ujarnya kepada wartawan di Sungailiat, Bangka, Rabu (1/11/2017).

Imam juga merasa kebingungan dan aneh, karena bunga bangkai ini hanya tumbuh di perkarangan halaman rumahnya. Sementara di tempat tetangga atau tempat lainnya di Sungailiat tak satupun yang ditumbuhi bunga bangkai seperti di kediamannya.

"Sedikit bingung sih, aneh aja. Bunga bangkai ini hanya tumbuh di halaman rumah dan tidak ada di tempat tetangga atau sekitarnya. Bunga ini mendadak muncul di halaman rumah, jika ada pergantian musim atau pancaroba," terangnya.

Kata dia, justru tempat lain belum pernah selain di sini halaman rumah. Kemungkinan tumbuhnya dari musim panas ke musim hujan dan juga fenomena alam. Bunga bangkai ini memiliki tinggi sekira 50-60 cm, kalau magrib mengeluarkan aroma bau tak sedap.

"Keunikan bunga ini adalah saat bunganya mengembang langsung mengeluarkan bau busuk disertai banyak lalat di sekitar mahkota bunga. Pada saat mekar diameter bunga bisa mencapai 50 cm, dengan ketinggian mencapai 60 cm," ucap Imam.

Sedikitnya ada enam bunga yang tumbuh di perkarangan halaman rumah Imam secara tiba-tiba. Menurut dia, dengan adanya bunga langka ini sempat membuat penasaran warga setempat yang ingin melihat langsung rupa bunga bangkai.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini