Image

Usulan JK agar Pulau Reklamasi yang Terlanjur Dibangun Dilanjutkan Dinilai Tepat

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Sabtu 04 November 2017, 06:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 03 337 1808071 usulan-jk-agar-pulau-reklamasi-yang-terlanjur-dibangun-dilanjutkan-dinilai-tepat-3E9DZz43W4.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengapresiasi sikap Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyerahkan reklamasi Pantai Utara ke Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI. Sandi mengatakan, pihaknya pun akan segera mulai rencana reklamasi setelah berkoordinasi dengan DPRD.

"Kami apresiasi bahwa Pak JK serahkan ke kami seutuhnya. Inilah yang akan kami mulai setelah koordinasi dengan DPRD," ujar Sandiaga di Balai Kota, Jakarta, Jumat (3/11/2017).

Sandiaga mengatakan, Pemprov DKI akan membahas rencana reklamasi usai melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Pihaknya pun akan segera mengambil langkah-langkah berikutnya setelah adanya kesepakatan.

Presiden Gerakan Pribumi Indonesia (Geprindo), Bastian P Simanjuntak, senada dengan sikap JK untuk meneruskan pembangunan pulau yang sudah terlanjur dibangun. Menurutnya, usulan tersebut ada benarnya, namun sebelum langkah-langkah tersebut diambil, harus dilakukan kajian terlebih dahulu dalam berbagai aspek.

"Sebab di situ ada permasalahan pelanggaran administrasi, hukum pidana dan perdata, sosial, politik, budaya, pertahanan dan keamanan," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/11/2017).

Semuanya, lanjut Bastian, harus dikaji secara hati-hati dan matang, sebelum mengambil keputusan. "Setelah kajian selesai, barulah diambil keputusannya. Namun yang terpenting adalah pulau tersebut harus segera di ambil alih oleh pemprov DKI," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan proyek reklamasi Teluk Jakarta yang sudah terbangun tetap harus dilanjutkan.

"Pemerintah juga tidak mengatakan akan melanjutkan (reklamasi). Tapi, bahwa apa yang sudah dijalankan, itu diteruskan. Saya kira (pemerintah) DKI juga sepakat dengan itu. Bahwa bagaimanapun penggunaannya, kalau berbicara Pemerintah DKI, bagaimana penggunaannya, itu berarti kan (proyek reklamasi) yang ada tentu harus dilajutkan," ujar JK beberapa hari lalu.

(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini