nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indo Barometer: PDIP Sudah Kerucutkan Tiga Kandidat Cagub Jabar

Oris Riswan, Jurnalis · Jum'at 03 November 2017 23:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 03 525 1808190 indo-barometer-pdip-sudah-kerucutkan-tiga-kandidat-cagub-jabar-I5DbE0c7B1.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

BANDUNG - Lembaga survei Indo Barometer menyebut Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah mengerucutkan tiga nama kandidat calon gubernur Jawa Barat. Seperti diketahui, PDIP mempertimbangkan 10 kandidat untuk jadi cagub. Tapi, sampai hari ini mereka belum memutuskan.

"Menurut yang kita kumpulkan, sudah mengerucut ke tiga nama," kata perwakilan Indo Barometer Hadi Suprapto di Bandung, Jumat (3/11/2017).

Ketiga nama yang dimaksud adalah Dedi Mulyadi, Anton Charliyan, dan Iwa Karniwa. Tapi, ia ogah merinci dari mana sumber informasi tersebut. "Itu dari berbagai sumber. Bisa dari jaringan elite, lewat penelusuran kita di medsos dan sebagainya," cetusnya.

Ia sendiri belum tahu persis alasan mengerucutnya tiga kandidat pada orang-orang itu. Ia justru mempersilakan wartawan untuk menanyakannya pada PDIP.

"Alasannya apa ketiga nama itu bisa (mengerucut), bisa ditanyakan langsung ke PDIP seperti apa kebenaran informasi itu," ungkap Hadi.

Soal tidak adanya kader PDIP di antara tiga nama itu, ia menganalisa karena PDIP tidak memiliki kader mumpuni untuk 'dijual' sebagai cagub. PDIP kemungkinan akan menjadikan kadernya di posisi cawagub.

"Bisa jadi nanti pasangannya disiapkan dari kader," ucapnya.

Sementara meski bisa mengusung satu pasangan tanpa berkoalisi, PDIP kemungkinan akan berkoalisi dengan partai lain. "Kalau saya lihat PDIP tidak pede maju sendiri. Ada kemungkinan dia akan bawa Hanura untuk gabung di koalisi PDIP. Kalau Hanura enggak bisa, PDIP akan jalan sendiri," jelas Hadi.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu PDIP Jawa Barat menggelar 'Curah Gagasan' yang menghadirkan sejumlah kandidat cagub. Total, ada 10 kandidat yang diundang.

Setelah kegiatan itu, PDIP Jawa Barat menyerahkan semuanya ke DPP untuk dipertimbangkan siapa yang akan diusung sebagai cagub.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini