Image

Sebabkan Kerusakan Parah, Topan Damrey Tewaskan Sedikitnya Lima Orang di Vietnam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 04 November 2017, 18:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 04 18 1808508 sebabkan-kerusakan-parah-topan-damrey-tewaskan-sedikitnya-lima-orang-di-vietnam-erEv7lwDmr.jpg Foto: Reuters

HANOI – Topan Damrey dilaporkan telah menewaskan sedikitnya lima orang di Vietnam bagian tengah dan selatan pada Sabtu, 4 November. Topan tersebut menerjang Vietnam hanya berselang lima hari sebelum digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di negara itu.

BACA JUGA: Korban Bertambah, Banjir dan Tanah Longsor di Vietnam Tewaskan 68 Orang

Topan dahsyat itu mencapai daratan Vietnam pada pukul 4 dini hari waktu setempat dengan kecepatan angin mencapai 90 kilometer per jam. Keterangan dari halaman Facebook pihak berwenang menyebutkan kencangnya angin mencabut lebih dari 1.000 atap rumah penduduk dan menumbangkan ratusan tiang listrik dan pohon.  

Diwartakan Reuters, Sabtu (4/11/2017), setidaknya enam orang dilaporkan hilang dan 20 rumah telah hancur akibat terjangan badai. Topan Damrey juga dilaporkan telah menenggelamkan enam kapal dengan 61 penumpang di Laut China Selatan. Sebanyak 25 penumpang telah berhasil diselamatkan, namun nasib penumpang lainnya tidak diketahui.

Pemerintah Vietnam mengatakan ribuan hektar lahan tebu, sawah dan perkebunan karet telah rusak. Lebih dari 40 penerbangan juga terpaksa dibatalkan.

BACA JUGA: Hujan Deras Tewaskan 24 Orang di Vietnam

Banjir telah menewaskan lebih dari 80 orang di Vietnam utara bulan lalu sementara topan mendatangkan malapetaka di provinsi-provinsi pusat pada September. Negara berpenduduk lebih dari 90 juta orang rentan terhadap badai dan banjir yang merusak karena pantainya yang panjang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini