Image

Kocak, Ternyata Pencuri Lebih Tertarik dengan Mobil Usang Lho!

Zahra Muhamad Afra, Jurnalis · Selasa 07 November 2017, 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 07 15 1810170 kocak-ternyata-pencuri-lebih-tertarik-dengan-mobil-usang-lho-vrE4ovUlDK.jpg Ilustrasi Foto: Reuters

JAKARTA - Mungkin orang berpikir mobil sport yang mahal lebih diminati untuk dicuri. Namun, sebenarnya penjahat lebih memilih untuk mencuri mobil keluarga yang sudah usang.

Menurut daftar Hot Wheels yang disusun oleh National Insurance Crime Bureau (NICB), mobil sedan atau coupe Honda Accord 1997 bekas sebagai mobil paling banyak dicuri di AS, dan paling didambakan di kalangan penjahat.

Sementara kendaraan baru lebih cenderung dijual kembali dengan surat-surat yang lengkap. Untuk mobil dan truk yang lebih tua biasanya dimanfaatkan sebagai suku cadang mereka. Mobil-mobil tersebut biasanya dibongkar menjadi komponen, kantung udara, dan catalytic conventer. Kemudian dapat dibersihkan dan disebarluaskan ke vendor yang tidak bermoral dan konsumen tanpa disadari.

Mobil yang lebih tua, lebih mudah dicuri karena sebagian besar belum memiliki teknologi “kunci pintar” yang mencegah mesin mobil menyala kecuali mengenali chip komputer yang sudah disematkan di tombol kunci. NICB juga menyebutkan selama 2015 hampir 58.000 mobil model terbaru yang dilengkapi dengan teknologi immobilizer berhasil dicuri, hanya karena pemiliknya membiarkan terparkir dengan kunci atau fob kunci di dalam kendaraan.

Sedangkan untuk mobil keluarga keluaran terbaru juga memiliki daya tarik yang tinggi dikalangan pencuri. Kinerja yang lebih tenang biasanya lebih mudah dicuri daripada kinerja high-end yang mencolok dan mobil mewah, pemilik mobil Ferrari kemungkinan jauh lebih waspada dan melakukan investasi pada perangkat anti pencurian. Mungkin lebih mudah bagi pengguna yang kejam untuk memiliki mobil biasa yang secara ilegal diberi nama dan dijual kepada pembeli tidak menaruh curiga tanpa menarik perhartian. Demikian dilansir dari MOTOR1, Selasa (7/11/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini