Image

Konsep 'Kereta Langit', SkyWay Siap Bangun Infrastruktur Transportasi Antardesa di Indonesia

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Selasa 07 November 2017 06:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 07 337 1809620 konsep-kereta-langit-skyway-siap-bangun-infrastruktur-transportasi-antardesa-di-indonesia-zEj96flygj.jpg

JAKARTA - ‎Moda transportasi memang masih menjadi salah satu permasalahan di beberapa daerah Indonesia. Bukan hanya Jakarta, daerah pelosok Indonesia lainnya juga masih minim transportasi untuk mengangkut orang dan barang dari satu desa ke desa lainnya.

Menuju Indonesia berkembang‎ ke arah pembangunan yang lebih baik, beberapa daerah telah menerapkan alat transportasi massal yang canggih. Contohnya, Jakarta kini sedang dibangun transportasi berupa Light Rail Transit (LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT).

Sayangnya, pembangunan infrastruktur transportasi tersebut belum merata di berbagai daerah di Indonesia. Khususnya, daerah-daerah pelosok pedesaan yang sulit akan jalur transportasi untuk menuju daerah lainnya.

Country Director PT. SkyWay Technologies Indonesia, Madinatul Fadhilah mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan alat transportasi canggih untuk menghubungkan masyarakat dari satu desa ke desa lainnya. Transportasi tersebut berupa kereta gantung atau kereta layang.

"Harapannya kita bisa menjadi bagian dari solusi mau itu di kota ataupun desa. Kalau mengatasi kemacetan, kita bisa upayakan kemacetan," kata Madina sapaan akrab Madinatul saat berbincang di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2017) malam.

Madina menjelaskan, pihaknya telah membangun peradaban baru di bidang transportasi tersebut dimulai kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI). Nantinya, Kampus UI dengan areal yang cukup luas akan terintergrasi dari satu gedung ke gedung lainnya menggunakan 'kereta langit'.

Bukan hanya itu, program kereta langit‎ ini juga telah merambah kedaerah Karimun Jawa. Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah Karimun Jawa telah berdiskusi dengan PT SkyWay untuk membangun kereta langit.

"Kita didukung oleh Bupatinya. Itu bisa menjadi ikon nasional. Kawasan strategis pengembangan nasional," jelasnya.

Yang terpenting, kata Madina, kehadiran kereta langit ini bisa mendukung program pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla (JK) dalam bidng transportasi. Terlebih, saat ini, pemerintah Indonesia sedang menggalakkan program desa emas.

Program desa emas ini merupakan konsep peradaban desa yang tangguh, mandiri, bermartabat, sejahtera, serta membawa dampak bagi pembangunan bangsa. Hal itu, jelas Madina, sesuai dengan program transportasi PT SkyWay.

"Kita satu-satunya perusahaan yang didukung oleh masyarakat, dan itu membuat kita lebih semangat. Karena kita punya angkutan barang dan angkutan orang," tandasnya. (kha)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini