Image

Waduh! Data BPS Sebut SMK Sumbang Angka Pengangguran Tertinggi

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 07 November 2017, 12:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 07 65 1809788 waduh-data-bps-sebut-smk-sumbang-angka-pengangguran-tertinggi-34Fa1TnnNn.jpg Siswa SMK sedang praktik (Foto: Okezone)

BANDA ACEH - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh mencatat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di provinsi setempat menempati urutan tertinggi terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka.

"Jika dilihat jumlah penduduk yang bekerja menurut pendidikan, maka pengangguran terbuka tertinggi ditempati SMK dengan persentase mencapai 10,95 persen," kata Kepala BPS Provinsi Aceh, Wahyudin di Banda Aceh, Selasa (7/11/2017).

Ia menjelaskan tingginya angka TPT lulusan sekolah kejuruan dikarenakan lulusan tersebut belum siap masuk ke dunia kerja sehingga lulusan tersebut tidak terserab oleh lapangan pekerjaan yang tersedia.

Menurut dia, untuk mengatasi persoalah tersebut maka perlu dilakukan penambahan bimbingan seperti setelah lulus dari sekolah kejuruan para siswa diberikan pelatihan kembali di Balai Latihan Kerja.

"Pelatihan tambahan ini bertujuan agar setiap lulusan dapat memahami secara detail lagi terhadap masing-masing jurusan yang diambil saat menempuh pendidikan di sekolah kejuruan," katanya.

Selain membekali ilmu dan jam tambahan terhadap ilmu kejuruan setelah menyelesaikan studi, Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota juga dapat memberikan dukungan modal agar mereka mampu mandiri setelah memiliki kemampuan dalam bidang yang dimiliki tersebut.

"Bantuan dana yang diberikan bisa saja bermitra dengan perbankan sehingga mereka dapat menjadi generasi muda mandiri dan mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di sekitarnya," katanya.

Ia menambahkan, posisi kedua ditempati SMA sebesar 10,74 persen dan TPT terendah ditempati oleh penduduk dengan pendidikan terakhir Sekolah Dasar sebesar 2,32 persen.

Pihaknya meyakini pembekalan tambahan dan pemberian bantuan usaha awal akan menurunkan angka pengguran terbuka dengan latar pendidikan dari sekolah kejuruan.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini