Image

Korban Bertambah, Terjangan Topan Damrey di Vietnam Sebabkan 61 Orang Tewas

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 08 November 2017 00:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 08 18 1810246 korban-bertambah-terjangan-topan-damrey-di-vietnam-sebabkan-61-orang-tewas-l2eQAGej5g.jpg Banjir merendam beberapa wilayah di Vietnam akibat terjangan Topan Damrey. (Foto: Reuters)

HOIAN – Korban tewas akibat terjangan Topan Damrey di Vietnam terus bertambah. Pejabat setempat mengatakan, sedikitnya 61 orang tewas karena hujan lebat dan banjir yang menerjang wilayah tengah dan selatan Vietnam.

Sebagaimana diwartakan The Strait Times, Rabu (8/11/2017), beberapa pejabat mengatakan bahwa empat provinsi di Vietnam saat ini masih terendam banjir. Bencana itu juga telah menyebabkan beberapa warga hilang. Kini, tim penyelamat masih mencari 28 orang yang dilaporkan hilang.

“Kami menghadapi ancaman besar di semua wilayah yang terkena bencana. Semua danau dan sungai meluap,” ujar Menteri Pertanian dan Pembangunan Perdesaan Vietnam, Nguyen Xuan Cuong.

BACA JUGA: Sebabkan Kerusakan Parah, Topan Damrey Tewaskan Sedikitnya Lima Orang di Vietnam

Akibat bencana ini, 116 ribu bangunan di Vietnam terendam banjir. Beberapa di antaranya bahkan rusak.

Pemerintah setempat telah mengerahkan tim penyelamat untuk mengevakuasi penduduk yang terdampak banjir tersebut. Saat ini, sekira 30 ribu orang telah dievakuasi ke tempat-tempat yang lebih aman.

Topan Damrey telah menerjang Vietnam sejak Sabtu 4 November 2017. Cuaca buruk ini melanda Vietnam menjelang diadakannya pertemuan puncak Kerjasama Ekonomi Asia Pasifi f (APEC) di Kota Danang.

BACA JUGA: Topan Damrey Terjang Vietnam, 27 Orang Tewas

Meski turut diterjang angin kencang dan hujan lebat, Kota Danang tidak terendam banjir. Sehingga, KTT APEC dipastikan dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Namun, rencana kunjungan para pemimpin dunia ke salah satu situs warisan UNESCO di Hoi An kemungkinan dibatalkan karena banjir yang merendam wilayah tersebut.

Beberapa tokoh dunia akan menghadiri pertemuan tersebut. Beberapa di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

BACA JUGA: Lawatan ke Asia, Trump Ingin Memperkuat Tekad Internasional Menghadapi Korut

Dalam 20 tahun terakhir, beberapa bencana alam memang terjadi di Vietnam.Kerugian yang dialami warga diperkirakan mencapai USD6,4 miliar ata kerusakan yang ditimbulkan dari bencana-bencana itu.

Sebelum Topan Damrey, Vietnam juga dihantam Topan Doksuri. Bencana yang terjadi pada September itu telah menewaskan 11 orang dan menghancurkan rumah-rumah warga di beberapa provinsi. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini