Image

Cerita Dokter Muda dari Unair Raih Sukses Jadi Selebgram, Kok Bisa?

Susi Fatimah, Jurnalis · Kamis 09 November 2017, 11:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 08 65 1810704 cerita-dokter-muda-dari-unair-raih-sukses-jadi-selebram-kok-bisa-qULWnUMDvg.jpg Foto: Dok Unair

JAKARTA - Tak pernah terlintas dalam pikiran Ricky Indra Alfaray, statusnya sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) justru berubah menjadi selebgram berkat media sosial.

Sebelum populer, Ricky adalah mahasiswa kedokteran yang cukup aktif berorganisasi serta berulang kali berkesempatan untuk mempresentasikan karya ilmiah di berbagai acara di luar negeri.

Cerita bermula ketika Ricky berhasil meraih satu dari empat penghargaan dalam acara ASEAN University Network (AUN), yang dihelat di Thailand pada November 2016 lalu. Momen kemenangan itu kemudian ia unggah ke akun Instagram-nya @rickyalfaray. Tak disangka, foto tersebut di-repost oleh akun masukkampus yang diikuti ribuan followers di Instagram.

Sejak saat itu, follower di Instagram Ricky terus meroket. Kini followernya mencapai 11 ribu.

“Sebelum di-repost, jumlah followers saya masih 1200. Setelah ditunjuk jadi Duta Unair nambah lagi sekitar seribu. Setelah di repost langsung bertambah jadi 6000 followers,” ungkapnya seperti dilansir dari laman Unair, Kamis (9/11/2017).

Selain sibuk sebagai dokter muda FK Unair-RSUD Dr. Soetomo, Ricky aktif mengisi berbagai acara start campus di sekolah-sekolah SMA maupun institusi pendidikan di Surabaya hingga luar kota. Kesibukannya kian bertambah untuk meladeni tawaran meng-endorse berbagai macam produk dari para pengikut, seperti pakaian, makanan, hingga sepatu.

“Para followers inilah yang menjadi perantara rejeki buat saya,” ungkapnya.

Di akun Instagram, pecinta anime ini sering mengunggah foto-foto aktivitasnya sebagai dokter muda di rumah sakit RSUD Dr. Soetomo serta kegiatan dan berbagai acara lomba di FK Unair.

“Setiap kali unggah foto, selalu saya sertakan lokasi rumah sakit dan kampus, agar followers semakin kenal dengan FK UNAIR dan RSUD Dr. Soetomo,” ungkapnya.

Ricky tergerak mempromosikan FK Unair karena merasa akhir-akhir ini peminatnya agak menurun. Ricky ingin agar para pelajar di luar sana tertarik dengan dunia kedokteran. Dengan menghadirkan media yang lebih terbuka dan interaktif, sehingga tak ada batas bagi siapapun untuk mengenal dan menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang FK Unair.

Ricky juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan FK Unair kepada para pengikut yang mayoritas adalah pelajar SMA dan mahasiswa baru dari berbagai wilayah Jawa Timur dan Jakarta.

Ketampanan pria asli Pare, Kediri ini juga menjadi daya pikat tersendiri. Ricky sempat kesulitan menghindari antusiasme sebagian pengikutnya yang terkesan agresif. Misalnya ketika Ricky berulang tahun, banyak diantara pengikut yang mengirim video ucapan, kirim lagu, dan tulisan bergambar melalui email sebagai bentuk perhatian.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini