nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astaga! Jelang KTT APEC, Topan Damrey Landa Vietnam hingga Tewaskan 106 Orang

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 10 November 2017 01:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 09 18 1811577 astaga-jelang-ktt-apec-topan-damrey-landa-vietnam-hingga-tewaskan-106-orang-flQT2khP0m.jpg Kota Hoi An porak-poranda diterjang Topan Damrey. (Foto: Reuters)

DANANG – Badai paling mematikan yang menerjang Vietnam pada tahun ini, yakni Topan Damrey, telah mengakibatkan korban tewas bertambah menjadi 106 orang. Bencana ini melanda Vietnam saat mereka tengah bersiap menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Tahunan Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).

Sebagaimana diwartakan Reuters, Jumat (10/11/2017), selain menewaskan 106 orang, Topan Damrey yang telah menerjang Vietnam sejak Sabtu 4 November 2017 ini juga telah menyebabkan 25 orang hilang dan 197 lainnya mengalami luka-luka. Hal ini disampaikan oleh Komite Pencari dan Penyelamatan Vietnam.

Badai ini telah menyebabkan banyak sungai atau waduk meluap. Akibatnya, rumah-rumah penduduk terendam banjir.

BACA JUGA: Topan Damrey Terjang Vietnam, Kawasan Hoi An Terendam Banjir

Menurut Komite Pencegahan Bencana, saat ini, sekira 49 bendungan dalam kondisi sangat berbahaya dan terancam meluap. Otoritas berwenang pun terus memantau waduk utama secara konstan.

Cuaca buruk ini diperkirakan masih akan terjadi pada pekan ini. Pasalnya, pada Rabu hingga Kamis ini, intensitas hujan masih tinggi. Badan prakiraan cuaca Vietnam mencatat curah hujan hingga 1.700 milimeter (mm).

Meski tengah dilanda bencana alam hebat, otoritas berwenang di Vietnam memastikan bahwa KTT APEC akan tetap berjalan dengan lancar. Acara itu sendiri akan mulai diadakan pada Senin 13 November 2017.

BACA JUGA: Sebabkan Kerusakan Parah, Topan Damrey Tewaskan Sedikitnya Lima Orang di Vietnam

Sebelum KTT dimulai, para pemimpin dunia yang hadir dalam acara itu dijadwalkan mengunjungi kota warisan UNESCO, Hoi An. Namun, agenda itu terancam dibatalkan karena wilayah tersebut tengah dilanda banjir.

Beberapa pemimpin negara memang dijadwalkan hadir dalam KTT APEC. Beberapa di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

BACA JUGA: Sama-Sama Datangi KTT APEC di Vietnam, Trump-Putin Janji Bertemu 4 Mata

Wilayah Vietnam memang kerap dilanda badai dan banjir. Pasalnya, garis pantai Vietnam sangatlah panjang. Sebelum Topan Damrey, negara tersebut juga dilanda banjir hebat. Banjir yang terjadi pada Oktober itu menewaskan sedikitnya 80 orang di utara Vietnam.

Kemudian pada September, badai yang menerjang Vietnam juga menimbulkan masalah besar di provinsi-provinsi pusat. Sebab, badai itu telah menghantam sebuah daerah penghasil kopi robusta terbesar di dunia. Akibatnya, ladang kopi warga pun gagal panen. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini