Image

Hari Pahlawan, Mensos: Jangan Lupa! Besok Pukul 08.15 WIB Mengheningkan Cipta Serentak

Reni Lestari, Jurnalis · Kamis 09 November 2017, 20:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 09 337 1811499 hari-pahlawan-mensos-jangan-lupa-besok-pukul-08-15-wib-mengheningkan-cipta-serentak-cWBUlob5me.jpg Mensos Khofifah Indar Parawansa (Foto: Humas Kemensos)

JAKARTA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengimbau seluruh lapisan masyarakat melakukan hening cipta dalam rangka Hari pahlawan esok, 10 November 2017, pukul 08.15 waktu masing-masing.

"Besok pukul 08.15 waktu setempat kita hening cipta, kita tujukan pada arwah para pahlwan dan pejuang bangsa. Mudah-mudahan perjuangan dan keteladanan para pahlawan dan pejuang bangsa bisa kita ikuti jejak langkah beliau," kata Khofifah di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Ia menjelaskan, peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengangkat tema estetik heroik. Artinya, tokoh pahlawan tak hanya mereka yang mengangkat senjata dan berjuang merebut kemerdekaan dari kolonialisme.

Tokoh-tokoh seniman dan budayawan juga bisa disebut pahlawan, karena melalui karyanya, mereka menggugah nasionalisme dan persatuan bangsa. Khofifah mencontohkan, lagu "Gebyar-Gebyar" karya musisi Gombloh berhasil meruntuhkan sekat-sekat perbedaan suku, ras, agama dan golongan masyarakat Indonesia.

"Lagu yang kemudian menjadi sangat heroik, itu borderless, mau usia berapapun, agama apa pun, etnis mana pun, merasa diperstaukan oleh lagu itu. Estetik heroik seperti itu," kata dia.

"Kalau kita mau bangun persatuan, mau berangkat dari lini mana pun kita punya tempat untuk memulai. Dari sisi agama, khotbah-khotbah di masjid, di gereja, dari sisi politik, dari kampus juga bisa. Tapi kita ingin melihat dari sisi budaya," ujarnya.

Diketahui, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gelar pahlawan kepada empat tokoh, yaitu Teungku Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dri Nusa Tenggara Barat (NTB), Laksamana Malahayati dari Aceh, Sultan Mahmud Riayat Syah dari Riau dan Lafran Pane dari Yogyakarta.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini