nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tolong! 18 Kecamatan di Kabupaten Kupang Krisis Air Bersih

ant, Jurnalis · Kamis 09 November 2017 13:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 09 340 1811212 tolong-18-kecamatan-di-kabupaten-kupang-krisis-air-bersih-0bTvYMUraA.jpg Ilustrasi kekeringan.

KUPANG - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur telah mendistribusikan bantuan air bersih untuk 18 kecamatan yang sedang dilanda kekeringan.

"Ada 18 kecamatan di Kabupaten Kupang yang dilanda kekeringan menyebabkan terjadinya krisis air bersih dialami masyarakat setempat," kata Kepala BPBD Kabupaten Kupang, Charles Panie kepada wartawan di Oelamasi, Kamis (9/11/2017). Panie menjelaskan hal ini terkait upaya BPBD Kabupaten Kupang dalam mengatasi krisis air bersih yang dialami masyarakat sejak daerah ini dilanda kekeringan Juli 2017 lalu.

Ia mengatakan, berdasarkan pemantauan dilakukan BPBD, terdapat 50 desa/kelurahan yang tersebar di 18 Kecamatan yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih karena kekeringan.

Kecamatan yang mengalami krisis air bersih diantaranya Kecamatan Semau, Kecamatan Selatan, Kupang Tengah, Amabi Oefeto, Sulamu, Amarasi, dan Takari.

BPBD lanjut Panie, telah melakukan distribusi air bersih menggunakan mobil tangki untuk 18 kecamatan sebagai upaya mengatasi krisis air bersih yang dialami masyarakat di 50 desa/kelurahan itu.

Ia mengatakan, masyarakat mengalami kesulitan mendapatkan air bersih karena banyak sumber air yang terdapat di 50 desa itu mengalami penurunan debit. "Pendisribusian air bersih dilakukan BPBD dengan sasaran satu kecamatan melayani tiga desa yang dilanda krisis air bersih yang tergolong berat," tegas Panie.

Menurut, selain membantu distribusi air bersih BPBD Kabupaten Kupang juga mendistribusikan bantuan wadah penampungan air sehingga memudahkan warga mendapatkan air bersih yang didistribusikan BPBD Kabupaten Kupang.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini