Image

Yuk! Bedain Tipe Mobil 4WD dengan AWD yang Perlu Kamu Ketahui

Zahra Muhamad Afra, Jurnalis · Sabtu 11 November 2017, 10:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 10 15 1812093 yuk-bedain-tipe-mobil-4wd-dengan-awd-yang-perlu-kamu-ketahui-5lVqJfs9vO.jpg Ilustrasi Foto: Carscoops

JAKARTA - Banyaknya tipe mobil membuat Anda bingung, namun tak memungkiri jika mobil yang akan dipilih harus sesuai dengan kebutuhan.

Mungkin banyak yang tidak mengetahui tipe mobil four-wheel-drive (4WD) dan all-wheel-drive (AWD). Berikut Okezone berikan rekomendasi mobil yang cocok untuk Anda, seperti yang dikutip dari Motor1, Kamis (9/11/2017).

Four Wheel Drive

Tipe penggerak empat roda ini memiliki kekuatan mesin yang hanya di poros belakang. Sekarang, banyak pickup dan SUV berbasis truk menawarkan full time 4WD yang memungkinkan pengemudi memilih antara rear-drive, 4WD, dan mode "otomatis." Untuk varian ke tiga, 4WD memiliki spesifikasi seperti di atas namun tidak memiliki pilihan untuk dua roda.

Umumnya, untuk dua sistem penggerak dua roda mencakup “rentang rendah” yang disesuaikan saat dibutuhkan torsi maksimum. Membuat jadi ideal untuk menempuh jarak jauh atau medan yang berlumpur. Mobil tipe ini juga cocok melintasi bukit-bukit aspal yang curam dan melakukan petualangan off-road yang ekstrem.

All Wheel Drive

AWD mirip dengan penggerak empat roda permanen sehingga dapat mengirim tenaga tambahan ke roda depan atau belakang memerlukan daya tarik di atas jalan basah atau bersalju. Mereka yang tinggal di daerah yang lebih kecil dan atau lebih jauh akan memilih mobil AWD, terutama jika alternatifnya adalah konfigurasi belakang yang cenderung tidak melaju diatas jalan yang licin.

Beberapa sistem AWD juga di rekayasa untuk diatas jalan kering, dan beberapa ada yang mengirim roda tambahan ke roda luar sesuai dengan keinginan pengemudi. AWD cenderung memperbaiki kecenderungan negatif yang melekat pada kedua roda belakang dan depan mobil.

Dalam keadaan normal biasanya sistem AWD akan mengirim 100 persen tenaga mesin ke roda depan, sementara yang lain akan membagi perbedaan antara roda depan dan roda belakang dengan perbandingan 50/50. Banyak mobil sporty dan mewah yang dilengkapi AWD akan mengirim lebih banyak tenaga ke roda belakang untuk mempertahankan sporty rear drive feel, tidak seperti 4WD.

Bagaimanapun AWD tidak hadir dengan gearing low-range yang berarti sistem tidak mendukung untuk pemakain off road yang nyaman. Jadi sudah tahu pilihan kamu? (tce)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini