nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Jalan Sambil Main HP di Kota Ini Bisa Kena Denda Rp6,6 Juta!

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Sabtu 11 November 2017 01:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 10 18 1811992 hati-hati-jalan-sambil-main-hp-di-kota-ini-bisa-kena-denda-rp6-6-juta-dYzO6hfWBL.jpg Ilustrasi: Shutterstock

CHICAGO - Sudah menjadi pemandangan umum orang-orang berjalan sambil sibuk melihat layar handpone (HP) mereka. Entah sekadar melihat media sosial atau serius menanggapi e-mail pekerjaan.

Tetapi hati-hati jika bermain ponsel sambil berjalan di kota ini. Bisa jadi Anda kena denda cukup mahal.

Pemerintah Kota Chicago, Amerika Serikat, berencana memberlakukan denda sebesar USD90 atau sekira Rp1,2 juta hingga USD500 (Rp6,6 juta) bagi para pejalan kaki yang berjalan sambil terpaku melihat ponsel. Usulan denda itu diajukan oleh anggota Dewan Kota Chicago, Ed Burke dan Anthony Beale. Denda tersebut, menurut keduanya, terutama akan diterapkan bagi mereka yang melintasi persimpangan sibuk.

"Seseorang tidak dibolehkan menyeberang jalan atau jalan raya saat menggunakan ponsel sehingga membuat perhatian visual mereka teralihkan ke perangkat tersebut atau pada aktivitas dalam perangkat itu," demikian bunyi usulan peraturan tersebut, seperti dikutip dari NBC 5, Sabtu (11/11/2017). Meski begitu, usulan ini harus disetujui oleh semua anggota Dewan Kota untuk bisa diterapkan.

Para anggota dewan itu menambahkan, kecelakaan dan bahkan kematian amat berhubungan di persimpangan Chicago. Mengutip Chicago Sun-Times, selama enam bulan pertama 2017, tercatat 27 pejalan kaki tewas di berbagai jalan di Chicago. Setahun sebelumnya, ada 28 kematian.

Rencana ini pun ditanggapi beragam oleh warga Chicago. Beberapa orang mengaku sering berjalan sambil melihat ponsel.

"Orang-orang memang bisa saja berjalan menuju lalu lintas aktif saat perhatian mereka teralihkan," ujar salah satu pejalan kaki.

"Pejalan kaki sering terluka. Tetapi jika Anda menyeberang saat lampu merah menyala, maka Anda akan baik-baik saja," ujar pejalan kaki lainnya.

Mengutip WGN TV, salah seorang pejalan kaki, Yvette Medina, mengklaim, meski sibuk dengan ponsel saat berjalan, ia tetap hati-hati.

"Saya berjalan dan melihat ponsel, tetapi saya melihat rambu lalu lintas sebelum menyeberang. Dengan begitu saya bisa tahu apakah bisa berjalan atau tidak," ujar Medina.

Sementara itu, ada juga yang tidak setuju. Menurut seorang warga Chicago, Joe Renz, masalahnya bukan di pejalan kaki, tetapi pengendara yang tidak konsentrasi.

"Kita harus fokus pada prioritas saat ini. Dan biarkan hal lain seperti berjalan dengan melihat ponsel menjadi fokus kedua atau ketiga," tutur Renz.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini