Image

OKEZONE STORY: Jack Black dan Legenda Pemburu Tikus Mewah

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Sabtu 11 November 2017, 08:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 10 18 1812073 okezone-story-jack-black-dan-legenda-pemburu-tikus-mewah-VWpUdBTcR8.jpg Pemburu tikus pada masa Victoria di Inggris. (Foto: Vintage News)

SEORANG anak laki-laki kesepian berteman dengan Ben, seekor tikus hitam yang menjadi pemimpin kawanan pemberontak binatang pengerat. Awalnya, Ben menjadi pelindung si anak. Namun sayang, sifat jahat si tikus malah berbalik mencelakai si bocah dan orang-orang di sekelilingnya.

Kisah itu fiksi belaka, hadir dalam film yang dibuat pada 1972 dan diproduksi ulang pada 2003. Namun nyatanya, dahulu kala, manusia amatlah takut pada tikus. Pasalnya, binatang pengerat ini amat kotor dan berpotensi menyebarkan wabah penyakit mematikan.

Bahkan di Eropa, tikus-tikus dianggap sebagai pengabdi setan. Keberadaan mereka diasosiasikan dengan penyebaran wabah "Kematian Hitam" yang menyerang benua itu pada abad ke-14. Warisan akan wabah itu tertanam kuat dalam berbagai cerita rakyat. Bahkan, kemistisannya terus terjaga hingga akhir abad ke-19.

Di era Victoria, London merupakan salah satu kota padat di dunia. Risiko epidemi berbagai penyakit terus meningkat karena tingkat higienitas amat rendah bila dibandingkan dengan standar masa kini. Warga miskin hidup di kondisi yang amat mengerikan, dan selalu khawatir dengan penularan penyakit dari tikus.

Karena itu, tak heran jika tikus amat diburu dan dibasmi. Namun, berhubung teknologi pembasmian hama belum secanggih saat ini, binatang ini harus ditangkap secara manual. Terkadang, para penangkap tikus menggunakan perangkap atau dibantu anjing.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini