Image

Pesan Ridwan Kamil Buat Kids Zaman Now di Hari Pahlawan

Reni Lestari, Jurnalis · Jum'at 10 November 2017, 13:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 10 337 1811790 pesan-ridwan-kamil-buat-kids-zaman-now-di-hari-pahlawan-vumEVx5JjF.jpg Ridwan Kamil terima penghargaan dari Kemendagri (Reni Lestari/Okezone)

JAKARTA - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menerima Penghargaan Satya Lencana Karya Bakti Praja Nugraha dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Penghargaan tersebut diberikan atas kinerja sebagai kepala daerah yang dinilai telah memenuhi 80% atau lebih target yang ditentukan pemerintah pusat.

Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, Ridwan berpesan untuk memberi manfaat bagi lingkungan sekitar. "Buat kids zaman now, jadilah manusia bermanfaat, indikator pahlawan adalah memberikan hidupnya melebihi panggilan tugas. Kalau diminta tiga ngasih lima, dan mewakafkan energi hidupnya untuk kepentingan masyarakat," kata Emil di Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (10/11/2017).

Menjadi pahlawan di era kekinian, lanjut Emil, tak relevan lagi jika dikaitkan dengan angkat senjata dan berperang. Yang paling konkrit adalah menjadi pribadi yang memberi dampak positif dalam bidang apa pun.

"Enggak usah yang heroik-heroik. Sebenarnya selama dia bermanfaat, bagi saya itu adalah pahlawan. Bisa dalam lingkungan, kebersihan, ketaatan dan lain sebagainya. Jadi kuncinya itu, jangan egois, berbaktilah untuk masyarakat di bidang apa pun," ujar dia.

Ditanya mengenai sosok pahlawan dalam hidupnya, Emil menjawab sang kakek, KH Muhyidin yang saat ini tengah diusulkan oleh Universitas Padjadjaran untuk menjadi pahlawan nasional. Selain itu, paman Emil pun turut dalam perjuangan dan gugur saat melawan Belanda.

"Kakek saya di penjara Belanda dua kali, Uwa (paman) saya gugur bersama santri-santri. Jadi dalam keluarga saya punya sosok pahlawan. Jadi pengorbaban di keluarga saya sudah, dengan nyawanya demi NKRI," tukas Emil.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini