Image

Berkostum Jenderal Soedirman, Wali Kota Depok Gowes Sepeda Onthel Ziarah ke Makam Pahlawan

Apriyadi Hidayat, Jurnalis · Jum'at 10 November 2017, 19:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 10 338 1812085 berkostum-jenderal-soedirman-wali-kota-depok-gowes-sepeda-onthel-ziarah-ke-makam-pahlawan-uti4ckHNI9.jpeg Wali Kota Depok saat naik sepeda onthel (foto: Ist)

DEPOK - Ada yang berbeda dalam peringatan Hari Pahlawan tahun ini di lingkungan Pemkot Depok. Selain menggelar upacara, para pejabat juga melakukan ziarah dan prosesi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalimulya, Cilodong, Depok, Jumat (10/11/2017).

Uniknya, Wali Kota Depok Mohammad Idris dan jajaran mengendari sepeda onthel untuk menuju makam pahlawan. Tidak itu saja, mereka pun mengenakan pakaian khas para tokoh pahlawan nasional.

Idris misalnya. Ia mengenakan kostum layaknya Pangilma Besar Jenderal Soedirman, lengkap dengan penutup kelapa hingga jubah kebesaran sang jenderal. Menurut dia, Jenderal Sudirman merupakan salah satu pejuang dan pemimpin teladan bangsa. Pribadinya teguh pada prinsip dan keyakinan, selalu mengedepankan kepentingan masyarakat banyak dan bangsa di atas kepentingan pribadinya.

“Dengan mengenakan kostum pejuang seperti yang saya kenakan saat ini, kostum Panglima Besar Jenderal Sudirman, substansinya kita mengingat jasa-jasa mereka, segala apa yang mereka lakukan yang dapat kita jadikan teladan,” ujar Idris.

 

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menerangkan bahwa kegiatan bersepeda menuju TMP dengan mengenakan kostum pahlawan adalah kali pertama di Kota Depok. Pradi yang dalam kesempatan tersebut mengenakan kostum Pangeran Diponegoro mengaku senang dan bangga.

“Pangeran Diponegoro merupakan salah satu sosok pejuang yang saya kagumi, karena Diponegoro merupakan pejuang yang gigih dan berjuang dengan panji-panji agama,” jelasnya.

Selain itu, Pemkot Depok juga mengganjar penghargaan kepada prajurit TNI-Polri yang bertugas di wilayah Depok hingga memberikan santunan kepada pejuang kemerdekaan. Adapun penghargaan tersebut diberikan kepada anggota Polresta Depok atas nama Aipda Dwi Susanto, yang merupakan berhasil memenangkan duel kontak senjata antara kawanan begal dengan seorang diri di Cimanggis beberapa waktu lalu.

Penghargaan juga diberikan kepada Babinsa berprestasi Koramil 04/Bojonggede Kodim 0508/Depok, Serma Budiman. Sehari-hari dirinya menjadi Babinsa pendamping pertanian di Desa Citayam, yakni pada Kelompok Tani Sari Mekar. Ia melakukan inovasi dalam memanfaatkan bahan-bahan disekitar lahan pertanian untuk dibuat menjadi pupuk. Ada juga Serma Budiman dengan inovasi pupuk organik cair.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini