Image

Nih! 5 Cara Manfaatkan Magang di Perusahaan, Perluas Wawasan hingga Temukan Peluang

Sabtu 11 November 2017, 17:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 10 65 1811855 nih-5-cara-manfaatkan-magang-di-perusahaan-perluas-wawasan-hingga-temukan-peluang-P0Ir1Qro3s.jpg Foto: Shutterstock

Saat ini sudah banyak kalangan mahasiswa yang memanfaatkan waktu luang sebelum kelulusan dengan bekerja magang di perusahaan. Mulai dari perusahaan konvensional hingga perusahaan rintisan yang saat ini semakin mencari tenaga magang.

Jika Anda berhasil mendapatkan kesempatan magang di perusahaan impian, manfaatkan kesempatan tersebut dengan cara yang benar, agar nantinya bisa berpotensi menjadi peluang untuk kemudian perusahaan langsung memperkerjakan Anda sebagai pegawai.

Artikel berikut ini akan membahas 5 cara yang bisa dilakukan saat magang di perusahaan.

Lakukan pekerjaan dengan sempurna

Menjadi pekerja magang artinya Anda harus mampu mengerjakan semua tugas yang diberikan, mulai dari pekerjaan dengan skala yang kecil hingga tugas yang cukup berat. Laksanakan semua tugas yang dilimpahkan kepada Anda dan tunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda merupakan kandidat yang bisa diandalkan meskipun saat ini masih berstatus pekerja magang.

Perluas wawasan

Temukan cara untuk menerapkan pengetahuan. pekerja sementara atau entry-level bisa lebih dari sekedar tenaga bantuan. Anda dapat menemukan kesempatan untuk belajar bahkan dalam pekerjaan ringan yang Anda lakukan setiap hari. Perluas wawasan Anda dengan mengenal lebih jauh setiap pekerjaan yang dibebankan kepada Anda secara acak, dan gali lebih mendalam tipe pekerjaan apa yang Anda sukai. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan wawasan yang luas yang bisa digunakan sebagai bekal pengetahuan Anda.

Temukan peluang dan kesempatan

Terkadang pekerja magang memiliki kesempatan untuk bekerja dalam tim atau melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh pegawai tetap. Jika kesempatan tersebut datang kepada Anda gunakan dengan baik kesempatan tersebut dan tunjukkan kepada pihak terkait bahwa Anda seorang profesional yang handal. Jika Anda belum mendapatkan kesempatan tersebut, carilah kesempatan dan tawarkan diri Anda menjadi penaggungjawabtugas yang ada.

Berikan solusi

Ketika kesempatan telah diberikan langkah selanjutnya adalah untuk segera menyelesaikan tugas yang ada. Pastikan Anda menyelesaikan dengan baik dan teliti pekerjaan yang diberikan tepat waktu. Tunjukkan kemampuan Anda dengan memberikan kontribusi pekerjaan yang membuahkan hasil.

Simpan honor Anda

Masing masing perusahaan memiliki kebijakan tersendiri terkait dengan pembayaran tenaga kerja magang. Jika saat ini Anda mendapatkan honor saat atau setelah selesai pekerjaan magang, coba simpan uang tersebut untuk kemudian bukan hanya menjadi kebiasaan namun juga uang simpanan yang nantinya mungkin akan Anda butuhkan di kemudian hari.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini