Image

Waduh! Mahasiswa Yogjakarta Tertinggi Konsumsi Narkoba

Prabowo, Jurnalis · Jum'at 10 November 2017, 17:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 10 65 1812002 waduh-mahasiswa-yogjakarta-tertinggi-konsumsi-narkoba-A3CukzqgoE.jpg Foto: Shutterstock

SLEMAN - Kalangan mahasiswa dan pelajar di DIY, menjadi pasar potensial bagi penyalahgunaan narkoba. Tingkat konsumsi narkoba di kalangan mahasiswa dan pelajar tertinggi nasional, meski DIY berada di peringkat delapan.

“Konsumsi narkoba di pelajar atau mahasiswa di Yogyakarta tertinggi nasional,” tutur Kabid Pencegahan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, Bambang wiryanto, baru-baru ini.

Sementara itu, Ketua DPP Artipena, Suryo Hapsoro Tri Utomo, menambahkan setiap harinya di Indonesia ada 57 orang meninggal yang diakibatkan narkoba. Hal inilah menjadi keprihatinan tersendiri yang melatarbelakangi pembentukan Artipena untuk melakukan Pencegahan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Kampus harus ikut aktif dalam upaya pencegahan, karena keberadaan Artipena masuk dalam bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tuturnya.

Peran perguruan tinggi, kata dia, harus dimaksimalkan karena mayoritas pengguna adalah generasi muda. Civitas akademika harus mampu meningkatkan imunitas, agar mampu memberantas. Saat ini juga sedang diupayakan agar P4GN bisa masuk dalam muatan lokal pendidikan.

“Kampus harus bersih dari narkoba, dan kita usulkan narkoba menjadi bagian dalam instrumen penilaian akreditasi,” jelasnya.

Ketua DPW Artipena DIY yang juga rektor UAD, Kasiyarno mengatakan narkoba sudah menjadi ancaman serius bagi bangsa Indonesia. Sasarannya sudah kepada mahasiswa yang akan menjadi penerus masa depan bangsa.

“Nanti akan kami bentuk satgas di setiap perguruan tinggi untuk melakukan sosialisasi dan edukasi. Jika perlu sampai rehabilitasi,” tandasya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini