Image

Duh, Panglima TNI Batal Beri Orasi Ilmiah di Kampus UMP Kalbar

Ade Putra, Jurnalis · Sabtu 11 November 2017, 11:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 11 65 1812352 duh-panglima-tni-batal-beri-orasi-ilmiah-di-kampus-ump-kalbar-D5eiRYcyrD.jpg Foto: Ade Putra/Okezone

PONTIANAK - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo batal menghadiri acara peringatan Milad ke-27 dan Wisuda Program Sarjana, Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP) Kalbar, Sabtu (11/11/2017).

Sebelumnya, Panglima Gatot dijadwalkan akan memberikan orasi ilmiah di hadapan ratusan wisudawan dan penyerahan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi lulusan terbaik.

"Tadinya Panglima TNI akan memberikan orasi ilmiah, namun karena ada kondisi yang lebih memerlukan beliau di tempat lain, sehingga beliau batal hadir di sini," kata Rektor UMP, H. Helman Fachri, SE, MM dalam sambutan pembukaan kegiatan di Gedung UMP, Jalan Ahmad Yani I, Pontianak Selatan.

Menurut Rektor periode ketiga ini, komunikasi telah terjalin intens dengan Panglima Gatot untuk kelancaran rapat terbuka senat ini. "Dua hari lalu, bahkan kemarin saya sempat mengonfirmasi mengenai kehadiran beliau. Tapi beliau tengah menghadapi masalah dan harus menjaga keamanan. Sehingga tidak bisa hadir," ucap Rektor.

Dengan ini, maka orasi ilmiah diberikan oleh Sekjen MUI Pusat, Dr. H. Anwar Abbas, M.M, M.Ag. "Ini orasi tanpa direncanakan. Saya cuma menggantikan Panglima TNI. Beliau tengah menghadapi masalah yang begitu mengganggu, menurut saya. Karena ada wilayah yang ini melepaskan diri dari NKRI," ujarnya.

Untuk diketahui, TNI dan Polri saat ini tengah bernegosiasi dengan kelompok bersenjata yang melakukan penyanderaan masyarakat sipil di Desa Kimbely dan Desa Banti, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

Demi keamanan, Panglima Gatot akan melakukan langkah persuasif demi menyelamatkan warga yang disandera. Ia dan Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian turun ke lokasi.

Sementara itu, terkait kehadiran Panglima Gatot juga ditanggapi Kapendam XII Tanjungpura, Kolonel Inf Tri Rana Subekti. Menurutnya, tidak ada konfirmasi mengenai jadwal kehadiran Panglima ke Kalbar.

"Informasinya tidak ada Panglima TNI ke Pontianak. Kalau ada pastinya Kodam akan dilibatkan dan kita sudah siaga," katanya kepada Okezone, Jumat malam.

Pihak penyelenggara pun, lanjut Tri, sebelumnya tidak ada koordinasi ke Kodam. "Sejauh ini belum ada perintah kepada Kodam kalau ada Panglima TNI datang," tegasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini