Astaga! Balita 10 Bulan di Meksiko Miliki Berat Badan 28 Kg

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 12 November 2017 23:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 12 18 1812834 astaga-balita-10-bulan-di-meksiko-miliki-berat-badan-28-kg-Onit1tPH4B.jpg Sang ibu, Isabel Pantoja, kewalahan menggendong Luis Manuel Gonzales yang memiliki berat badan hingga 29 kg (Foto: Pedro Pardo/AFP)

MEXICO CITY – Sekilas tidak ada yang beda dengan balita bernama Luis Manuel Gonzales. Bocah berusia 10 bulan itu bertingkah layaknya anak seusianya. Akan tetapi, ada satu hal yang langsung menangkap perhatian yakni berat badannya yang di atas normal.

Luis Manuel Gonzales saat ini memiliki berat hingga 28 kilogram (kg). Ukuran tersebut sangat berbahaya bagi balita tersebut. Dokter mengatakan, butuh perawatan medis yang tidak sedikit agar ia tetap sehat. Dokter heran bagaimana bisa Luis Manuel begitu besar.

Balita itu lahir dengan berat badan normal 3,5 kg, sama dengan kakaknya Mario. Akan tetapi, bocah lelaki berusia 3 tahun itu sekarang terlihat mungil karena ukuran tubuh adiknya. Pada usia 2 bulan, Luis berbobot 10 kg. Akan tetapi, dalam 8 bulan kemudian, beratnya naik drastis 18 kg.

(Luis Manuel Gonzales bersama keluarganya. Foto: Pedro Pardo/AFP)

“Saya berpikir itu terjadi karena saya memiliki ASI yang berkualitas,” ujar ibu Luis Manuel, Isabel Pantoja, mengutip dari Straits Times, Minggu (12/11/2017).

Perempuan berusia 24 tahun itu dan suaminya sengaja membuat laman Facebook dan membuka rekening bank untuk dana sumbangan bagi perawatan kesehatan Luis Manuel. Sebab, penghasilan sang ayah yang hanya sekira USD200 (setara Rp2,7 juta) setiap bulan tidak cukup untuk biaya perawatan.

Kedua orangtua Luis Manuel kaget bukan main ketika seorang dokter anak di dekat tempat tinggalnya di Negara Bagian Colima mengatakan bahwa sang anak harus mendapat suntikan hormon. Biaya untuk sekali suntik hormon mencapai USD555 (setara Rp7,5 juta), jauh di atas penghasilan ayahnya setiap bulan.

Meski sudah melalui berbagai pemeriksaan, belum ada yang tahu penyebab Luis Manuel mengalami pembengkakan tubuh. Salah satu dugaan adalah ia menderita penyakit bernama Prader-Willi Syndrome, kondisi genetis di mana seorang anak memiliki nafsu makan besar meski tidak dalam porsi yang banyak.

Sindrom tersebut dapat mengancam penderitanya. Sebab, si anak dapat mengalami penyakit jantung hingga gangguan pada perkembangan otak serta alat vitalnya. Luis Manuel kini harus berobat ke rumah sakit setidaknya empat kali dalam sepekan untuk menjalani pemeriksaan.

Namun, keluarga itu tidak perlu putus harapan. Seorang ahli nutrisi bernama Silvia Orozco sudah menghubungi pihak keluarga. Silvia berkesimpulan bahwa Luis Manuel mungkin dalam bahaya, tetapi ia masih menunggu hasil analisa sampel jaringan otot di Amerika Serikat (AS).

Orozco menerangkan, alih-alih menderita Prader-Willi Syndrome, kelainan pada tubuh Luis Manuel kemungkinan disebabkan oleh kesalahan sang ibu Isabel Pantoja. Ia menduga Isabel kekurangan asupan nutrisi tertentu selama mengandung si jabang bayi sehingga menyebabkan metabolism tubuh Luis Manuel menjadi kurang baik.

Jika memang benar sesuai analisa Silvia Orozco, maka prognosisnya dalam keadaan baik. Akan tetapi, Luis Manuel tetap membutuhkan suntikan hormon yang harganya tidak murah.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini