Image

Peringati Hubungan 60 Tahun Indonesia-Jepang, Menko PMK Dampingi Presiden Jokowi Bertemu PM Abe

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Minggu 12 November 2017, 22:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 12 18 1812846 peringati-hubungan-60-tahun-indonesia-jepang-menko-pmk-dampingi-presiden-jokowi-bertemu-pm-abe-5KNWTeiOZA.jpg Peringati 60 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang, Jokowi dan Abe adakan pertemuan bilateral di sela-sela KTT ASEAN. (Foto: Laily Rachev/Biro Pres Setpres)

MANILA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri KTT ASEAN ke-31 di Manila, Filipina. Di sela-sela konferensi tersebut, Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Shinzo Abe di Hotel Diamond, Manila. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi ddampingi oleh Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Pertemuan bilateral tersebut diawali dengan dengan launching logo 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang. Setelah launching tersebut, kedua negara tersebut memulai pembahasan terkait kegiatan-kegiatan commemorative yang dapat dilakukan dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan Indonesia Jepang.

Dalam pertemuan bilaterla tersebut, Presiden Jokowi dan PM Abe juga membicarakan berbagai kerjasama investasi terkait dengan pengembangan infrastruktur di Indonesia.

BACA JUGA: Temui Presiden Jokowi Jelang KTT ASEAN, PM Jepang Puji Iklim Investasi Indonesia

"Pemerintah Indonesia dan Jepang, mengapresiasi kerjasama selama 60 tahun dan ke depan diharapkan kerjasama akan semakin baik lagi termasuk di bidang pendidikan, inovasi digital, vokasional, dan kebudayaan," ujar Menko PMK kepada pers, Minggu (12/11/2017).

Menko Puan diundang untuk menghadiri KTT ASEAN ke-31 selaku Ketua Pilar Sosial Budaya ASEAN di Indonesia yang telah menuntaskan 11 (sebelas) deklarasi ASEAN di bidang Ketenagakerjaan, Kesehatan, Kepemudaan, dan Lingkungan Hidup.

BACA JUGA: Tiba di Filipina untuk KTT ASEAN, Presiden Jokowi Disambut Tarian Massal 

Sebelas deklarasi tersebut akan ditandatangani maupun diadopsi oleh para Kepala Negara ASEAN dalam sesi Pleno KTT ASEAN ke-31 pada Senin 13 November. Tak hanya Menko PMK Puan, menteri lain yang turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral tersebut adalah Menko Polhukam, Menko Perekonomian, Menteri Luar Negeri, Menteri Perdagangan, Kepala BKPM, dan Sekretaris Kabinet.

Sekadar diketahui, sebelum menghadiri KTT ASEAN, Presiden Jokowi menyambangi Da Nang, Vietnam, untuk mengikuti KTT APEC pada 10-11 November. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menempuh 2 jam penerbangan dari Bandara Internasional Da Nang, Viet Nam, menuju Manila.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini