Image

Ini Figur Kunci Penentu Kemenangan Pilgub Jabar 2018

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Senin 13 November 2017, 06:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 12 525 1812789 ini-figur-kunci-penentu-kemenangan-pilgub-jabar-2018-zZqRudqlx4.jpg

JAKARTA - Indokonsultama Reasearch Consulting (Indocon), menyebutkan ada sejumlah nama yang menjadi figur kunci dalam pertarungan elektoral lima tahunan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 mendatang.

Figur kunci itu adalah tokoh yang mendukung pasangan tertentu. Siapa yang didukung oleh sang tokoh, maka peluang menangnya akan cukup besar.

"Ini menarik, dalam konteks pilgub, kalau ada kandidat yang didorong (figur kunci), mereka kemungkinan akan memiliki elektabilitas yang lebih meningkat," kata Direktur Eksekutif Indocon Fajar Nursahid dalam konferensi pers di Bandung, Minggu (12/11/2017).

Dari hasil survei yang dilakukan Indocon, memperlihatkan sosok Presiden Joko Widodo akan jadi salah satu kunci kemenangan.

Jajak pendapat sendiri digelar selama periode 10-22 Oktober. Responden yang dilibatkan sebanyak 971 orang yang tersebar di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Usia minimal responden adalah 17 tahun atau sudah menikah. Margin of error dari survei itu sekira 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Pak Jokowi menempati peringkat tertinggi yaitu 39 persen," ungkapnya.

Artinya, jika Jokowi memberikan dukungan untuk kandidat A, maka kandidat tersebut memiliki peluang menang lebih besar dibanding kandidat lain. Itu tidak lain karena posisi Jokowi saat ini yang jadi orang nomor satu di Indonesia.

Sementara di bawah Jokowi, figur kunci yang akan bisa mempengaruhi pilihan publik pada pilgub nanti adalah Prabowo Subianto. Ia menempati peringkat kedua dengan 34 persen.

"Di posisi ketiga ada (Gubernur Jawa Barat) Ahmad Heryawan dengan 27 persen dan Megawati 24 persen," ungkap Fajar.

Selain dukungan dari figur kunci, pemilih juga akan menentukan pilihan berdasarkan seleranya sendiri. Salah satu sosok yang disukai masyarakat adalah kandidat yang jujur.

"Selain empat figur itu, yang berpengaruh adalah selera pulbik," tandas Fajar.

(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini