Share

Eratkan Kemitraan dengan Indonesia, Jepang Kucurkan Rp15 Triliun untuk 2 Proyek Infrastruktur

Djanti Virantika, Okezone · Senin 13 November 2017 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 13 18 1813261 eratkan-kemitraan-dengan-indonesia-jepang-kucurkan-rp15-triliun-untuk-2-proyek-infrastruktur-wTXHtNmK2h.jpg Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kozo Honsai, bersama pihak Kedubes Jepang lainnya saat press briefing Senin (13/11/2017), di Jakarta. (Foto: Djanti Virantika/Okezone)

JAKARTA - Selama hampir enam dekade, hubungan diplomatik dan kemitraan Indonesia-Jepang terjalin baik di berbagai bidang, dari ekonomi hingga pendidikan. Hari ini, kedua negara kembali mengukuhkan relasi tersebut melalui penandatanganan dua kerjasama.

Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kozo Honsei, menjelaskan, Pemerintah Jepang akan mendanai dua proyek baru di Indonesia. Proyek pertama adalah pembangunan pelabuhan baru yang dilengkapi dengan terminal peti kemas dan terminal kendaraan. Proyek kedua adalah pembangunan dan pembenahan fasilitas pendidikan, riset, dan kejuruan antara industri dan akademi di Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Tahun depan merupakan peringatan 60 tahun terjalinnya hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia. Lewat proyek ini, Jepang berharap dapat meningkatkan hubungan dengan Indonesia," ujar Honsei kepada wartawan usai penandatanganan nota kerjasama kedua proyek tersebut di Kedutaan Besar Jepang, Jakarta, Senin (13/11/2017).

BACA JUGA: Peringatan 60 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang, Ini Harapan Mantan PM Negeri Sakura

Perjanjian kerjasama senilai 127,215 miliar yen (sekira Rp15 triliun) ini telah ditandatangani oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, dan Direktur Jenderal Asia, Pasifik, dan Afrika, Kementerian Luar Negeri RI, Desra Percaya.

BACA JUGA: Terus Berkembang, Mantan PM Jepang Sebut Indonesia Beri Manfaat untuk Asia

Proyek pembangunan pelabuhan baru akan mendapat kucuran bantuan dana 118,906 miliar yen atau sekira Rp14,2 miliar dari Jepang. Sementara untuk pembangunan fasilitas di UGM, pemerintah Jepang akan memberikan dana bantuan 8,309 miliar yen atau sekira Rp992 miliar.

"Melalui bantuan pembangunan pelabuhan baru ini, kami berharap dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui perbaikan iklim investasi," kata Honsei.

BACA JUGA: Temui Presiden Jokowi Jelang KTT ASEAN, PM Jepang Puji Iklim Investasi Indonesia

Proyek ini akan dibangun di Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Lokasi tersebut dipilih, lanjut Honsei, karena letaknya yang tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta, sehingga dapat membantu mengurai kemacetan yang terjadi di Jakarta.

"Sementara untuk pembangunan di UGM, kami bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan serta mendorong riset dan pengembangan produk sehingga dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan industri," pungkasnya. (DJI)

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini