Image

Keren! Perluas Wawasan Jurnalistik, Puluhan Siswa SMA Avicenna Kunjungi Redaksi Okezone

Susi Fatimah, Jurnalis · Senin 13 November 2017, 16:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 13 65 1813224 keren-perluas-wawasan-jurnalistik-puluhan-siswa-sma-avicenna-kunjungi-redaksi-okezone-353mLhxsZx.jpg Foto: Heru Heryono/Okezone

JAKARTA - Puluhan siswa SMA Avicenna Jakarta melakukan kunjungan ke kantor Redaksi Okezone di Gedung Inews Center Lantai 12, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017).

Dalam kesempatan tersebut, mereka berkesempatan mempelajari bagaimana seluk beluk media online. Para siswa tampak antusias mengikuti jalannya diskusi, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan seputar media online.

Redaktur Pelaksana Okezone Kemas Irawan Nurrachman mengatakan, media online terus mengalami perkembangan dan mendapat tempat di hati masyarakat. Sebab saat ini perkembangan teknologi mengarahkan masyarakat lebih banyak menggunakan smartphone dalam keseharian, begitu juga dalam memperoleh informasi.

"Sekarang lebih banyak orang pegang smartphone ketimbang nonton televisi. Dengan smartphone maka semua bisa dengan mudah. Bisa lihat berita, nonton live streaming dan lain-lain," ujar Kemas.

Namun, sambung Kemas, masyarakat juga hendaknya mewaspadai maraknya berita hoax di media. Oleh karenanya, penting bagi media online untuk mengonfirmasi atau mengkroscek informasi sebelum tayang di media online.

"Untuk mengecek berita hoax kita bisa lihat medianya jelas atau tidak. Media yang jelas sudah terverifikasi oleh Dewan Pers, salah satunya Okezone. Kalau media yang tidak jelas, maka itu perlu diwaspadai," tuturnya.

Sementara itu, siswa Avicenna Elsa Chintia mengaku senang bisa hadir ke kantor Redaksi Okezone. Menurutnya, kunjungan ini menambah wawasan siswa tentang jurnalistik online. Siswa yang bercita-cita menjadi dokter dan suka menulis ini mengatakan, ilmu yang diperoleh juga menjadi inspirasi dan memotivasi dirinya.

"Senang bisa hadir di sini, materinya bermanfaat banget untuk mendapat inspirasi dan memotivasi. Kami jadi tahu banyak soal media online," ujar Elsa.

Hal ini terlihat dari semakin banyaknya media online bermunculan. Namun hal itu pun harus diimbangi dengan memfilter informasi. Sebab tak semua media online terverifikasi oleh Dewan Pers.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini